Sukses

Parenting

Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi, 6 Tips Berkendara Mobil Aman dengan Anak

Fimela.com, Jakarta Kecelakaan maut Vanessa Angel dan Bibi Adriansyah tentu jadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih memperhatikan keamanan berkendara mobil dengan aman bersama anak. 

Saat berkendara mobil terutama jarak jauh, banyak hal harus dipastikan unutuk diperhatikan agar keselamatan saat berkendara bisa dimaksimalkan. 

Di Indonesia, kesadaran untuk berkendara aman sangatlah minim. Bahkan kesadaran untuk menggunakan sabuk pengaman juga masih sangat kurang. Rata-rata, orang menggunakan sabuk pengaman bukan karena sadar akan keselamatan mereka, namun lebih kepada cara untuk menghindari tilang. 

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan untuk berkendara mobil yang aman bersama anak? Simak tips dan triknya berikut ini. 

1. Gunakan car seat

Car seat adalah hal terpenting yang harus dipakai saat berkendara dengan si kecil Tak hanya saat jarak jauh saja, tapi saat berkendara jarak dekat juga car seat harus digunakan. Penggunaan car seat wajib dipakai untuk anak-anak berusia 6-5 tahun. Hal ini dikarenakan sabuk pengaman belum bisa melindungi tubuh anak secara optimal. 

 

2. Pastikan tali pengaman berbunyi klik

Kaitkan tali pengaman dengan pasti. Cara menentukannya adalah dengan memastikan bunyi klik pada pengaman tersebut. Hal ini berguna untuk memastikan tubuh tetap terjaga saat terkena guncangan atau benturan. 

3. Pastikan posisi kaki

Posisi kaki adalah cara untuk menentukan penggunaan car seat pada anak. Saat kaki sudah bisa mencapai dasar mobil maka tandanya si kecil sudah tak perlu menggunakan kursi anak lagi. 

 

4. Pastikan posisi duduk anak

Posisi duduk anak yang aman adalah di tengah mobil. Posisi ini sebaiknya diterapkan hingga si kecil berusia 13 tahun. Hindari posisi duduk di samping kemudi. Dengan duduk di bagian belakang, maka akan melindungi saat benturan terjadi. 

5. Sabuk pengaman

Mulailah ajari si kecil untuk menggunakan sabuk pengaman sejak kecil. Hal ini akan membuat anak disiplin menggunakan sabuk pengaman untuk menjaga keselamatan dan keamanan mereka hingga dewasa nanti. 

Ajari cara menggunakan sabuk pengaman dengan benar dan jangan lupa untuk selalu lakukan double check untuk memastikan kembali. 

6. kunci pintu dan jendela

 

Pastikan kamu kunci jendela dan pintu secara otomatis, sehingga anak ttidak bisa membuka pintu dan jendela secara manual yang bisa membahayakan keselamatan mereka. 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading