Sukses

Parenting

6 Alasan Mengapa Peran Seorang Ayah Begitu Penting dalam Kehidupan Anak Perempuan

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan orang percaya bahwa pengasuhan memainkan peran utama dalam kesehatan mental anak, kemampuan untuk berhasil, keterampilan sosial, kinerja akademik dan banyak lagi. Selain seorang ibu, ayah juga memainkan peran penting dalam kehidupan anak perempuan mereka.

Bergantung pada sifat hubungan mereka, ayah dapat memberikan dampak yang signifikan pada pribadi anak perempuannya. Nah, beriakut ini adalah beberapa alasan mengapa peran ayah begitu penting dalam kehidupan anak perempuannya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Ayah Membentuk Kepercayaan Diri Anak Perempuannya

Ayah memainkan peran dalam perkembangan psikologis anak perempuan mereka sejak mereka lahir. Perbedaan antara ayah yang penuh kasih, perhatian, dan ayah yang tidak hadir dapat berdampak besar pada bagaimana seorang anak tumbuh dewasa.

Ketika ayah tidak ada, baik secara fisik maupun emosional, anak perempuan mereka terpengaruh dalam banyak hal negatif. Ketika ayah hadir dan penuh kasih, anak perempuan mereka mengembangkan rasa percaya diri yang kuat dan sering kali menjadi lebih percaya diri dengan kemampuan mereka. Untuk mengembangkan harga diri yang positif, ikatan ayah dan anak yang sehat adalah kuncinya.

2. Ayah Mempengaruhi Citra Tubuh Anak Perempuannya

Citra tubuh seseorang adalah cara mereka memandang diri mereka sendiri secara fisik dan seringkali tidak berpengaruh pada cara mereka dilihat oleh orang lain. Dengan menunjukkan cinta tanpa syarat kepada pasangan dan putrinya, seorang ayah dapat membantu menumbuhkan citra tubuh yang positif pada putrinya yang akan melekat padanya selama hidupnya.

Ayah yang mencaci-maki anak perempuan atau pasangannya tentang penampilan mereka dapat berdampak pada psikis anak perempuan mereka dengan cara yang menumbuhkan citra tubuh yang negatif.

3. Ikatan Ayah dengan Anak Berhubungan dengan Kemampuan Akademiknya

Studi terbaru menunjukkan bahwa ikatan ayah dengan anak yang kuat tidak hanya membentuk harga diri, citra tubuh, hubungan, dan sifat perilaku anak perempuan, tetapi bahkan berdampak pada kemampuan mereka untuk berprestasi secara akademis.

Meskipun penelitian masih dilakukan untuk mencari tahu mengapa hal ini terjadi, perempuan yang memiliki hubungan yang sehat dengan ayah mereka, hidup mereka tampil lebih baik di sekolah.

4. Ayah Memengaruhi Perilaku Anak Perempuannya

Psikologi dulu sangat menekankan ikatan antara ibu dan anak-anaknya, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa ayah juga memiliki pengaruh besar pada anak-anak mereka dalam hal perkembangan sifat perilaku. Ayah yang menunjukkan cinta kepada anak perempuan mereka dan menerima mereka apa adanya membantu menumbuhkan rasa diri yang positif.

5. Ayah Mempengaruhi Sifat Sosial Anak Perempuannya

Kurangnya komunikasi antara ayah dan putrinya dapat memiliki efek yang bertahan lama pada cara seorang putri berinteraksi secara sosial. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak perempuan yang berkomunikasi secara teratur dengan ayah mereka dengan cara yang positif berkomunikasi lebih baik dengan pria atau pasangannya. Sejak lahir hingga dewasa, tingkat dan kualitas komunikasi antara ayah dan anak perempuannya berperan besar dalam kemampuan anak perempuan untuk mengungkapkan perasaan, emosi, dan pikirannya.

6. Ayah Membantu Menentukan Hubungan Romantis Masa Depan untuk Anak Perempuannya

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa tahap awal kehidupan seorang perempuan dapat membentuk masa depannya melalui persepsi sadar dan tidak sadar tentang orang lain di sekitarnya, termasuk orangtuanya. Sejak usia dini, seorang anak perempuan belajar apa yang harus dicari dalam pasangan romantis dengan mengamati tindakan, perilaku, dan sifat ayahnya sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa hubungan ayah dengan anak yang sehat dikaitkan dengan perilaku seksual yang lebih positif.

Tentunya, tidak hanya peran seorang ibu saja, tapi peran seorang ayah juga begitu penting dalam kehidupan anak, terutama bagi anak perempuannya.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Film yang Tunjukkan Hebatnya Seorang Ayah
Artikel Selanjutnya
4 Hal yang Bisa Dipelajari dari Seorang Ayah Bagi Anak Perempuan