Sukses

Parenting

Mengapa Bayi Tidak Boleh Terlelap Saat Maghrib? Pahami Terlebih Dahulu Jam Tidur yang Tepat untuk Bayi 6 Bulan

Fimela.com, Jakarta Tidur yang cukup tentu diperlukan bagi bayi untuk dukung tumbuh kembangnya. Ada pun perbedaan jam tidur yang tepat sesuai dengan usia mereka masing-masing, mulai dari bayi baru lahir, usia 6 bulan hingga menginjak hampir 1 tahun.

Penting untuk diketahui bahwa salah satu faktor terpenting dari tahun pertama kehidupan bayi adalah tidur, sebab ini akan berkontribusi pada perkembangan fisik dan kognitif mereka. Saat mereka mendekati usia enam bulan, bayi mulai tidur lebih lama dan beberapa bahkan bisa tidur sepanjang malam.

Bayi disebut tidak boleh tidur saat maghrib. Lantas, mengapa demikian? Sebelum itu, pahami terlebih dahulu terkait jam tidur yang baik dan tepat untuk bayi usia enam bulan. Berikut ulasannya yang Fimela rangkum dari sleep.org, Sabtu (11/12).

Berapa Lama Sebaiknya Bayi Usia 6 Bulan Tidur?

Para ahli merekomendasikan bayi berusia enam bulan untuk tidur setidaknya 14 jam per hari. Namun, sebuah penelitian terhadap 5.000 bayi menemukan bahwa bayi berusia enam bulan di Amerika Serikat tidur rata-rata 12,9 jam per periode 24 jam. Namun, bayi di sebagian besar negara Asia cenderung kurang tidur dibanding bayi di negara lain, di mana hal ini menandakan faktor budaya pun mempengaruhi jam tidur pada bayi.

Sementara, sebagian besar studi tidur bayi menunjukkan bayi berusia enam bulan pun setidaknya 11 jam setiap periode 24 jam. Selain faktor budaya, kamar dan cara mereka diberi makan juga menjadi faktor yang mempengaruhi total durasi harian tidurnya.

Menurut Centers for Disease Control, jika bayi rata-rata tidur setidaknya 12 jam selama periode 24 jam tetapi tidak lebih dari 16 jam, maka mereka berada dalam kisaran yang dianggap normal. Tidak semua bayi sehat berusia enam bulan tidur selama 14 jam.

Jadwal Tidur Bayi 6 Bulan yang Tepat

Ada banyak variasi antara jadwal tidur bayi usia enam bulan. Beberapa di antara mereka mendapatkan sebagian besar tidur di malam atau siang hari. Berikut jadwal tidur bayi usia enam bulan yang baik:

  • 06.30 Bangun
  • 08.00 – 09.30 Tidur siang
  • 13.00 – 03.00 Tidur siang
  • 20.30 – 23.00 Tidur dan bangun hanya untuk makan (ASI)
  • 23.30 Kembali tidur

Dalam jadwal tersebut, bayi tidur selama dua setengah jam di malam hari, bangun untuk makan, lalu tidur selama tujuh jam lagi tanpa gangguan di malam hari. Bayi juga tidur selama tiga setengah jam di siang hari dengan dua jam tidur siang. Maka, secara keseluruhan bayi akan tidur selama 13 jam dalam periode 24 jam.

Alasan Bayi 6 Bulan Harus Tidur di Jam Tertentu

Tidur menjadi hal penting bagi bayi karena pertumbuhan mental dan fisik yang cepat akan dialami di tahun pertama kehidupannya. Pada waktu tersebut, otak dan sistem saraf pusat berkembang dengan pesat dan seringkali ini terjadi saat tidur.

Sebuah tinjauan dari 10 studi, bayi menunjukkan bahwa tidur meningkatkan memori, bahasa dan fungsi eksekutif seperti kognitif dan perilaku si kecil. Tidur juga disebut bisa mempengaruhi pertumbuhan fisik dan emosional pada bayi dan anak-anak lainnya.

Berangkat dari berbagai penjelasan tadi, maka dapat disimpulkan, bayi tidak boleh tidur pada jam 6 sore dan sebaiknya tidur di jam 8 atau setengah sembilan malam, sebab ini bisa mempengaruhi berbagai faktor tumbuh kembangnya.

Itulah ulasan tentang jam tidur bayi 6 bulan yang perlu diketahui oleh para orangtua. Semoga membantu!

Penulis: Atika Riyanda Roosni

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading