Sukses

Parenting

Program Hamil Kini Makin Mudah dengan datang ke Klinik Fertilitas

Fimela.com, Jakarta Setiap pasangan yang menikah pasti mendambakan momongan. Namun, beberapa pasangan mengalami kesulitan untuk hamil, salah satunya karena gangguan kesuburan atau infertilitas.

Untuk itu, pasangan menikah dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan sedini mungkin. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada masalah atau tidak terkait fertilitas atau kesuburan.

Saat ini sudah tersedia Klinik Fertilitas yang terletak di berbagai kota besar di Indonesia. Sehingga lebih mempermudah pasangan untuk melakukan pemeriksaan kesuburan hingga program hamil.  

Pemeriksaan kesuburan dasar meliputi di Klinik Fertilitas meliputi konsultasi spesialis kandungan dan USG transvagina,  pemeriksaan saluran telur (bisa berupa HSG atau histerosalpingografi) serta analisis sperma bagi pria. 

Soal kapan waktu yang tepat untuk memeriksakan kesuburan adalah secepatnya. Terutama bagi yang ingin segera melakukan program hamil. Karena deteksi potensi masalah kesuburan sedini mungkin akan meningkatkan peluang kehamilan. 

dr Mira Myrnawati, Sp.OG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi yang menangani program hamil di Klinik Ovarya mengatakan, program hamil awalnya akan diusahakan untuk alami terlebih dahulu. Jika belum berhasil setelah 3-6 siklus, maka bisa dilakukan inseminasi. Bila inseminasi belum berhasil juga, pasien akan diedukasi untuk pilihan bayi tabung.

"Untuk yang usia wanitanya lebih dari 35 tahun,  biasanya kita anjurkan pilihan program hamil yang lebih intensif dan agresif karena peluang hamil menurun drastis pada wanita di atas 35 tahun akibat penurunan jumlah dan kualitas sel telur," jelasnya. 

Penyebab gangguan kesuburan

Penyebab medis  infertilitas (gangguan kesuburan) bisa berasal dari pihak wanita maupun pria. Penyebab dari pihak wanita bisa berupa  gangguan saluran telur atau tuba, gangguan hormon misal PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome), endometriosis, maupun gangguan di rahim seperti polip dan myoma. 

Untuk penyebab dari pihak pria biasanya berupa abnormalitas sperma yang dapat disebabkan oleh gangguan hormon, varikokele, infeksi, maupun gaya hidup yang tidak sehat. Di samping dokter kandungan,  pada Klinik Fertilitas yang menyediakan layanan komprehensif dan holistik, tersedia juga dokter spesialis andrologi yang akan menangani kendala kesuburan dari pihak pria.  

"Pihak pria sering diabaikan dalam program hamil.  Padahal faktor pria berperan sama besarnya dalam terjadinya gangguan kesuburan.  Dan dibutuhkan sperma yang baik utk terjadinya kehamilan.  ‘It takes two to make three’,” ujar  dr. Antonius Wahyudi, Sp. And,  Spesialis Andrologi di Klinik Ovarya yang berlokasi di Kota Depok.

Selain itu dokter andrologi juga dapat membantu pria yg mengalami gangguan seksual yg tentunya berpengaruh terhadap kualitas hidup maupun kemampuan mereka untuk reproduksi.

Di samping itu, di Klinik Fertilitas terdapat juga dokter akupunktur untuk membantu program hamil terutama pada pasien dengan gangguan hormon. Program hamil akan berhasil jika siap fisik secara keseluruhan dan mental.

Akupunktur menunjang program hamil melalui penekanan di titik-titik tertentu yg menstimulasi organ reproduksi, seperti memperbaiki aliran darah ke rahim dan indung telur.

“Selain itu akupunktur juga membantu menurunkan berat badan serta mengurangi kecemasan yg sering timbul pada pasangan yg mengalami infertilitas. Tentu saja,  akupunktur dapat dilakukan pada pria maupun wanita," papar Spesialis Akupunktur Medik yang juga berpraktik di Klinik Ovarya,  dr. Susi Andriani, Sp.Ak. 

Jadi, kini pasangan yang hendak program hamil tidak perlu khawatir lagi untuk memulai program. Periksakan diri sedini mungkin dan pilihlah klinik fertilitas yang memiliki layanan holistik dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat agar program hamil yang dilakukan lebih optimal.

Selain itu, kunjungan ke klinik khusus ini terasa lebih privacy bagi mereka yang berusaha untuk hamil dengan alur lebih sederhana dibanding di rumah sakit yang bercampur dengan pasien umum.  Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh, maka dokter kandungan (obgyn) akan menentukan program hamil apa yang sesuai dengan kondisi medis dan usia pasangan.

#elevate women

What's On Fimela
Loading