Sukses

Parenting

Hal-Hal yang Bisa Menambah Nafsu Makan dan Berat Badan Anak

Fimela.com, Jakarta Bayi, balita, dan anak-anak yang sangat kecil dapat memiliki serangkaian masalah makan mereka sendiri. Sebenarnya ini banyak dialami oleh usia-usia ini.

Apabila khawatir anak tidak cukup makan atau mengalami penurunan berat badan, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter anak.

Dokter dapat membantu memastikan bahwa tidak ada penyebab serius yang mendasari sulit makan pada anak. Selain itu juga orangtua akan dapat mengetahui bahwa anak telah mendapatkan nutrisi yang diperlukan agar anak dapat bertumbuh dan berkembang dengan sehat.

Namun selain berkonsultasi dengan dokter anak, ada cara lain yang bisa menambah nafsu makan serta menambah berat badan anak.

Inilah hal-hal yang bisa menambah nafsu makan dan berat badan anak yang telah dikutip dari laman healthline.com.

1. Memberikan suplemen penambah nafsu makan

Ada beberapa suplemen seperti vitamin, mineral, dan herbal yang bisa menambah nafsu makan anak. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan.

Penyebab menurunnya nafsu makan ada beragam, dan tenaga kesehatan dapa melihat masalah seperti efek samping obat yang diminum, perkembangan, serta kondisi yang mendasarinya.

Beriku ini adalah suplemen yang berkemungkinan akan disarankan oleh profesional kesehatan, di antaranya:

a. Zinc

Kekurangan zinc dapat menjadi sebagian kecil dari hilangnya nafsu makan dan penurunan berat badan.

b. Tiamin

Sama seperti zinc, ketika anak mengalami kekurangan tiamin atau vitamin B1, maka akan menurunkan nafsu makan.

c. Minyak ikan

Minyak ikan dapat merangsang nafsu makan. Minyak ikan pun dianggap aman untuk mereka yang memiliki alergi ikan. Namun, akan lebih bagus jika berkosultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2. Mengubah gaya hidup

Ada beberapa cara untuk membantu meningkatkan nafsu makan selain minum suplemen, yaitu dengan perubahan gaya hidup tersebut, antara lain:

- Jadikan waktu makan lebih menyenangkan. Cobalah makan bersama dengan teman dan keluarga, atau sambil menonton acara favorit. Anak dapat makan lebih banyak jika merasa bersenang-senang selama makan.

- Makan makanan yang disukai, dan ubah menunya. Pastikan bahwa menikmati kegiatan makannya karena memakan masakan yang disukai.

- Pertimbangkan untuk meminum minuman yang mengandung kalori, seperti protein shake dan smoothie buah, dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori harian. Pastikan untuk meraih minuman bernutrisi.

 

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading