Sukses

Parenting

5 Makanan Penambah Berat Badan Anak yang Sehat dan Lezat

Fimela.com, Jakarta Saat memberikan makanan ke buah hati, penting bagi Mom untuk memperhatikan lagi asupan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Apalagi jika Mom ingin makanan tersebut sekaligus menjadi penambah berat badan anak yang tak hanya enak dan lezat tetapi juga sehat. 

Melansir dari laman parents.com, ada beberapa jenis makanan sehat dan lezat yang bisa diberikan ke anak sebagai asupan penambah berat badannya. Berbagai makanan ini juga mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak demi menunjang tumbuh kembangnya dengan lebih baik. 

Normalnya, anak usia 0 sampai 24 bulan akan terus mengalami kenaikan berat badan setiap bulannya. Pada anak yang telah berusia 2 hingga 10 tahun normalnya kan mengalami kenaikan 1 sampai 2 kg setiap tahunnya. Untuk menambah berat badan anak, berikan beberapa makanan di bawah ini kepada anak dengan porsi cukup setiap harinya.

Makanan Penambah Berat Badan Anak

Daging dan Ikan

Makanan pertama yang penting diberikan ke anak adalah daging dan ikan. Selain bisa menambah berat badan anak, kedua makanan ini juga kaya nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Daging dan ikan juga menjadi makanan yang bisa mencerdaskan dan meningkatkan tinggi badan anak. 

Telur

Makanan selanjutnya untuk menambah berat badan anak adalah telur. Baik itu telur ayam, bebek, angsa atau puyuh, semuanya bermanfaat baik bagi tumbuh kembang anak. Telur juga bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat yang disukai anak.

Susu dan Produk Olahannya

Jika ingin anak memiliki berat badan yang cukup sesuai usianya, berikan asupan susu pun olahannya. Susu mengandung lemak, protein dan berbagai vitamin yang menunjang tumbuh kembang anak. Susu juga sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang anak. 

Nasi

Sebagai makanan pokok, nasi penting untuk diperkenalkan ke anak sejak usianya sedini mungkin. Nasi mengandung karbohidrat dan zat gula yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Nasi juga mengandung berbagai vitamin serta antioksidan yang menyehatkan. 

Buah dengan Kandungan Lemak Tinggi

Buah seperti halnya alpukat, kelapa dan kacang-kacangan adalah makanan penambah berat badan anak selanjutnya. Buah yang kaya lemak membantu anak memiliki tubuh lebih berisi dan sehat. Dibandingkan lemak pada hewan, lemak pada tumbuhan terutama buah sangat baik untuk kesehatan anak.

Itulah beberapa makanan yang bisa menjadi penambah berat badan anak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading