Sukses

Parenting

Mengulik Tips Parenting ala Appa Jay dan Mama Gina

Fimela.com, Jakarta Kimbab Family adalah salah satu channel Youtube yang berisi konten kegiatan sehari-hari dari sebuah keluarga Korea-Indonesia, yang terdiri dari appa Jay, mama Gina, Suji, Yunji, dan Jio. Menjadi keluarga multikultural tentu merupakan tantangan tersendiri, terlebih bagi appa Jay dan mama Gina dalam mendidik ketiga anaknya. Kira-kira, bagaimana cara appa Jay dan mama Gina dalam mendidik Suji, Yunji, dan Jio hingga akhirnya Kimbab Family disebut sebagai family goals oleh para netizen? Yuk, simak baik-baik!

Tips Parenting Ala Kimbab Family

1. Berdiskusi saat akan memutuskan sesuatu

Perbedaan budaya dan nilai yang dipegang oleh keduanya tentu dapat berpengaruh pada pengambilan keputusan, terlebih keputusan yang menyangkut anak-anak. Oleh karena itu, beberapa kali saat appa Jay dan mama Gina perlu membuat keputusan, keduanya menjelaskan bahwa mereka berdua sudah berdiskusi secara matang terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan tersebut, contohnya saat keduanya memutuskan untuk memberikan Suji telepon genggam.

2. Berusaha melibatkan anak dalam diskusi

Hal tersebut dapat dilihat di salah satu video yang membahas rencana mereka untuk memiliki anak keempat. Pada video tersebut, terlihat bahwa appa Jay dan mama Gina melakukan pendekatan personal dan bertanya kepada ketiga anaknya mengenai tanggapan mereka jika harus memiliki adik lagi. Tidak hanya bertanya dan mendengarkan, appa Jay dan mama Gina pun mempertimbangkan pendapat ketiga anaknya dalam rencana untuk memiliki anak keempat.

3. Melatih kemandirian sambil berusaha memberikan kepercayaan

Salah satu konten yang seringkali dilakukan oleh Kimbab Family adalah melakukan misi. Suji, Yunji, dan Jio seringkali diberikan misi oleh appa Jay dan mama Gina, seperti misi pergi ke salon dan potong rambut sendiri, membeli makanan Indonesia sendiri, ataupun membeli kebutuhan bulanan sendiri. Dari misi-misi tersebut, ketiga anaknya terlihat antusias karena diberikan kepercayaan untuk melakukan sesuatu seorang diri tanpa bantuan kedua orang tuanya. Selain memberikan kepercayaan, misi-misi tersebut jug mampu melatih kemandirian Suji, Yunji, dan Jio.

4. Terbuka dan memberikan pengertian kepada anak

Salah satu tantangan memiliki anak lebih dari satu adalah berperilaku adil. Dalam hal ini, untuk mengatasi sibling rivarly, appa Jay dan mama Gina berusaha untuk terbuka dan memberikan pengertian kepada anak-anaknya jika mereka melakukan sesuatu yang spesial untuk salah satu anaknya. Contohnya saat Suji diberikan telepon genggam, appa Jay dan mama Gina secara terbuka memberi tahu Suji mengenai kekhawatiran keduanya saat akan memberikan Suji telepon genggam. Mereka juga menjelaskan kepada Suji mengenai alasan mengapa saat dirumah ia tidak boleh memegang telepon genggam. Tak lupa, mama Gina juga memberi tahu Yunji untuk bersabar karena ini belum saatnya ia memiliki telepon genggan dan suatu saat nanti ia pasti akan diberikan telepon genggam.

5. Tidak ragu untuk meminta maaf dan menunjukkan afeksi

Salah satu hal yang menarik perhatian dari Kimbab Family adalah bagaimana masing-masing anggota keluarga tersebut dengan mudah mengungkapkan rasa sayang satu sama lain. Tidak jarang Jio menunjukkan rasa sayang kepada kedua kakaknya dengan memeluk dan mengatakan bahwa ia menyayangi kedua kakaknya, begitu pula sebaliknya. Appa Jay dan mama Gina juga tidak ragu meminta maaf jika mereka secara tidak sengaja membuat anak-anaknya kesal.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading