Sukses

Parenting

Orangtua Penting Tahu, Ini 3 Penyebab Bayi Menangis Saat BAB

Fimela.com, Jakarta Ketika bayi buang air besar atau BAB, mungkin Mom akan mendapati bayi menangis kencang. Tidak jarang bayi juga akan sedikit rewel saat ia hendak BAB. Jika mendapati hal ini, Mom tidak perlu khawatir berlebihan.  

Melansir dari laman parents.com, bayi menangis saat BAB sangat mungkin terjadi pada beberapa bayi. Bayi menangis saat buang air besar adalah suatu hal yang cukup wajar. Penyebab umum bayi menangis saat buang air besar adalah karena feses yang terlalu keras atau bayi mengalami sembelit. Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang memungkinkan bayi menangis saat buang air besar. Apa saja penyebabnya? 

Penyebab Bayi Menangis Saat BAB

Sembelit

Penyebab pertama dan utama adalah bayi mengalami sembelit. Sembelit akan membuat bayi kesusahan mengeluarkan feses dari tubuhnya. Kesusahan ini seringkali menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman. Ketika bayi mengalami rasa sakit, ia akan menangis. Bagi bayi yang belum MPASI dan mengalami sembelit, sebaiknya bersikan asupan ASI lebih banyak lagi. 

Untuk bayi yang sudah MPASI, berikan makanan tinggi serat seperti bayam, buah pir atau jus buah lainnya. Jika sembelit yang dialami bayi tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari dan kondisinya semakin rewel, jangan segan untuk segera membawa bayi berobat ke dokter atau klinik kesehatan terdekat. 

Gassiness

Gassiness juga dikenal sebagai sakit gas. Kondisi ini akan membuat bayi merasa tidak nyaman pada perutnya. Gassiness umumnya terjadi pada bayi yang tidak mampu mencerna nutrisi pada ASI dengan baik. Untuk mengatasi masalah gassiness ini, beri minyak telon di perut dan punggung bayi. Pijat halus punggung hingga pinggang bayi agar gas dalam perut keluar. Saat bayi sudah bisa bersendawa atau kentut, ini bisa membuat bayi merasa lebih nyaman. 

Fungsi Tubuh Belum Sempurna

Bagi bayi buang air besar adalah aktivitas yang cukup baru. Ia memerlukan energi ekstra untuk mengeluarkan fesesnya. Otot-otot perut dan anus yang belum bekerja sempurna membuat bayi harus berusaha lebih keras lagi. Inilah yang seringkali membuat bayi merasa kewalahan dan menangis saat buang air besar. 

Itulah beberapa penyebab kenapa bayi menangis saat buang air besar. Jangan panik berlebihan saat buah hati menangis ketika BAB. Namun jika Mom mendapati bayi menunjukkan tanda-tanda tidak sehat dan merasa tidak nyaman secara berlebihan, jangan menunggu lama untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan terdekat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading