Sukses

Parenting

Rekomendasi Kegiatan Menyenangkan untuk Stimulasi Bayi Usia 9 Bulan

Fimela.com, Jakarta Saat bayi mencapai usia 9 bulan, ia akan mulai merangkak di seluruh rumah. Pada usia ini masuk ke fase bayi aktif bergerak dan bermain.  Keterampilan motorik halus si kecil di usia ini juga meningkat.

Perlu untuk memberikan stimulasi anak pada usia ini, tindakan sederhana seperti berbicara dengan bayi, mengayunkannya untuk tidur, menggoyangkan jari-jarinya, dan membungkusnya dengan pakaian yang harum benar-benar membangun otak bayi. Memperkenalkan bayi ke lingkungan yang kaya yang membangun otaknya disebut stimulasi bayi.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa memberikan stimulus kepada anak usia 9 bulan agar cerdas, yang dilansir fimela dari WhatToExpect.com

Apa yang bisa dilakukan bayi 9 bulan?

Keterampilan sosial dan emosional

  • Mengembangkan keraguan terhadap orang asing
  • Manja dengan orang dewasa yang akrab
  • Menunjukkan preferensi untuk mainan favorit

Keterampilan bahasa dan komunikasi

  • Mulai memahami kata "tidak"
  • Membuat suara berulang seperti “mamamama” dan “bababababa”
  • Menyalin suara dan gerakan
  • Menggunakan jari untuk menunjuk sesuatu

Kemampuan kognitif

  • Mengawasi jalan sesuatu saat jatuh
  • Mulai memahami keabadian objek
  • Memindahkan barang dengan lancar dari satu tangan ke tangan lainnya
  • Mengembangkan genggaman menjepit, mengambil sesuatu di antara ibu jari dan jari telunjuk

Keterampilan motorik kasar dan halus

  • Mulai menarik dan berdiri berpegangan
  • Duduk tanpa dukungan

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk memberi stimulus kepada anak 9 bulan:

Eksperimen dengan tekstur

Tempatkan mainan dengan tekstur berbeda dalam lingkaran di sekitar bayi Anda (bayangkan boneka binatang yang lembut, mainan tumbuh gigi yang halus atau licin, buku papan yang kokoh). Turunkan levelnya dan tunjukkan padanya setiap item untuk mendorongnya merangkak dan memeriksanya. Biarkan bayi Anda menggedor setiap mainan, bahkan membawanya ke mulutnya atau menjatuhkannya. Semua tindakan ini adalah cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar, serta perkembangan kognitif.

Mainkan game bertepuk tangan dan bernyanyi bersama

Dengan menyanyikan lagu-lagu seperti "The Wheels on the Bus" dan mendorong bayi Anda untuk bertepuk tangan (atau membuka dan menutupnya, atau membunyikan klakson) bersama Anda, Anda membantunya mengembangkan keterampilan bahasa dan komunikasi melalui peniruan. Pada usia ini, dia juga akan menyukai perasaan antisipasi saat dia mencoba mencari tahu apa yang akan terjadi selanjutnya — keterampilan sosial-emosional penting yang membantu membangun kepercayaan diri saat dia tumbuh.

Perkenalkan peralatan dan praktekkan minum cangkir terbuka

Bayi yang lebih tua yang sudah mulai makanan padat harus minum antara 4 dan 6 ons. air sehari. Bantu si kecil tetap terhidrasi — serta dorong koordinasi dan keterampilan motorik — dengan mengisi cangkir dengan satu ons air untuk membantunya berlatih minum dari cangkir terbuka. (Jika Anda belum siap untuk memperkenalkan cangkir terbuka, cangkir pelatihan 360 derajat adalah pilihan yang baik untuk membatasi kekacauan.)

Dan meskipun bayi mungkin tidak mendapatkan banyak makanan di mulutnya pada saat ini, mempelajari cara menggunakan peralatan penting untuk koordinasi tangan-mata, dan juga merupakan aktivitas sebab-akibat yang sangat baik. Berikan bayi Anda beberapa peralatan ramah bayi dengan makanan yang mudah diambil, seperti yogurt Yunani. Duduk di meja dan melihat Anda makan akan mendorongnya untuk meniru Anda dan mengembangkan keterampilan penting ini juga.

Main musik bersama

Berikan bayi Anda alat musik mainan (drum atau gambang) dan tunjukkan cara menggunakannya. Anda juga dapat membuat instrumen buatan sendiri dari benda-benda rumah tangga (wadah plastik tertutup rapat berisi nasi, kaleng kopi kosong, atau panci dan wajan dengan sendok kayu).

Dengan menjelajahi berbagai suara yang dihasilkan benda-benda ini, bayi Anda akan mengembangkan keterampilan sensorik yang penting. Plus, jika Anda ikut bersenang-senang, Anda juga akan mengembangkan keterampilan sosial, seperti bergiliran.

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading