Sukses

Parenting

Tips Mengobati Anak Sakit Perut

Fimela.com, Jakarta Anak-anak sering mengeluh sakit perut. Hal ini adalah salah satu alasan paling umum para orangtua membawa anak ke dokter atau unit gawat darurat rumah sakit. Padahal sakit perut bisa mempunyai beberapa diagnosis, yaitu serius ataupun hanya sakit perut perut biasa. Banyak juga sakit perut yang dirasakan anak mereda dalam waktu beberapa jam saja tanpa perlu penanganan dokter. 

Dikutip dari parents.com, meskipun sebagian besar kasus sakit perut tidak serius, akan sangat membantu untuk mengetahui apa yang dapat menyebabkan sakit perut dan kapan harus menghubungi dokter, karena bisa jadi keluhan yang kita anggap biasa saja ternyata merupakan keluhan yang serius untuk ditangani oleh dokter. Berikut ada tips mengobati sakit perut yang dirasakan anak. 

Beri teh Chamomile

Teh chamomile adalah obat rumah yang sangat baik untuk sakit perut karena memiliki sifat anti-inflamasi dan obat penenang, yang semuanya dapat berkontribusi untuk mengurangi ketidaknyamanan perut. Chamomile melemaskan otot saluran pencernaan bagian atas, mengurangi kontraksi yang memindahkan makanan melalui lambung dan usus kecil, hal ini akan meredakan kejang dan kram perut. 

Minum jahe

Bahan utama jahe adalah gingerol, antioksidan kuat yang membantu mengurangi produksi radikal bebas dan potensi kerusakannya pada tubuh hal itu juga mengurangi mual dan ketidaknyamanan. Ditambah, sifat anti-inflamasi jahe meningkatkan cairan pencernaan dan menetralkan asam lambung. Jadi, memberikan anak minam jahe pada saat perutnya sakit dapat mengurangi rasa nyeri di perut anak.

 

Gosokkan kaki dengan minyak hangat, berikan pijat refleksi

"Ada ribuan saraf di kaki dan tangan yang, ketika teknik tertentu diterapkan, dapat menyebabkan seluruh tubuh rileks dan merasa lebih tenang," kata Laura Norman, seorang praktisi refleksologi dan penulis Feet First: A Guide to Food Reflexology. Dengan menggunakan teknik refleksologi, pegang kaki kiri anak dengan telapak tangan kanan kamu, dan dengan tangan kiri di bawah telapak kaki, berikan tekanan yang stabil dan merata dengan ibu jari. Gunakan gerakan seperti memutar ke depan (tekan satu titik, gerakkan sedikit ke depan, dan ulangi) untuk melintasi kaki. Ganti tangan dan ulangi dari kanan ke kiri, dengan ibu jari tangan kanankamu, dan lanjutkan sampai perut anak mulai membaik.

 

*Penulis: Saffa Sabila.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading