Sukses

Parenting

Alasan Mom Perlu Mengajarkan Anak Gosok Gigi Sejak Bayi

Fimela.com, Jakarta Memiliki gigi yang bersih dan sehat adalah impian semua orang. Dan untuk memiliki gigi bersih serta sehat, setiap orang diwajibkan untuk rajin menggosok gigi. Bicara mengenai menggosok gigi, anak pun perlu diajarkan menggosok gigi sejak usianya bayi. Sejak anak tumbuh gigi untuk pertama kali, orangtua penting mengajarkan dan membiasakan anak menggosok gigi. 

Melansir dari laman parents.com, orangtua sudah bisa membiasakan anak menggosok gigi sejak usianya 6 bulan atau sejak diperkenalkan dengan MPASI untuk pertama kali. Saat anak masih bayi yakni usia di bawah satu tahun, Mom bisa menggosok atau membersihkan gigi anak dengan mengelap menggunakan kain kasa yang dicelup ke dalam air hangat.

Gigi Anak Makin Sehat dan Kuat dengan Gosok Gigi

Dengan gosok gigi yang benar dan rajin, ini bisa membuat gigi anak makin sehat dan kuat. Pertumbuhan gigi pun akan semakin baik. Anak yang terbiasa gosok gigi sejak usianya sedini mungkin akan memiliki kebiasaan baik dalam menyikat gigi hingga ia tumbuh dewasa nantinya. 

Anak-anak yang terbiasa menggosok gigi juga akan terhindar dari risiko gigi berlubang. Dalam beberapa kasus, anak-anak sangat suka makan cokelat atau segala makanan manis yang bisa berbahaya buat kesehatan gigi. Untuk mencegah risiko bahaya dari cokelat serta makanan manis, gosok gigi secara rajin adalah solusinya.

Aturan dalam Menggosok Gigi Anak

Ketika membiasakan anak untuk menggosok gigi sejak usia sedini mungkin, pastikan bahwa Mom menggosok gigi anak secara pelan. Untuk bayi di bawah usia 3 tahun, Mom bisa membantu anak menggosok giginya menggunakan kain kasa yang dibalutkan ke jari Mom kemudian gosokkan ke gigi anak secara pelan serta hati-hati. Saat menggosok gigi ini, pastikan tangan Mom bersih. 

Ketika anak sudah bisa memagang sikat gigi dengan baik dan bisa diarahkan yakni berusia di atas 3 tahun, berikan sikat gigi ke anak dan cobalah untuk melatihnya menggosok gigi sendiri. Gunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi khusus anak-anak. Oleskan pasta gigi sebesar biji beras ke sikat gigi anak untuk latihan pertama. Jika anak sudah terbiasa gosok gigi dengan baik, oleskan sebesar biji kacang polong ke pasta gigi anak, mintalah anak menggosok giginya kemudian berkumur dan meludahkan air kumurnya. 

Penting untuk mengganti sikat gigi anak setiap 3 sampai 4 bulan sekali. Demi mendapatkan kesehatan gigi anak yang maksimal, ajak anak memeriksakan gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading