Sukses

Parenting

9 Minuman Boleh Diminum Ibu Hamil yang Punya Manfaat Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Selama masa kehamilan, ibu hamil memang dianjurkan untuk lebih sering minum air putih atau memperbanyak asupan cairan sehingga tidak mengalami dehidrasi, tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan dan masalah kesehatan lainnya yang mungkin muncul karena pengaruh kondisi hamil.

Tapi jika hanya minum air putih saja pasti mudah bosan, padahal ada banyak minuman sehat yang boleh diminum ibu hamil bahkan beberapa sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Ini beberapa minuman yang boleh diminum ibu hamil.

1. Air putih

Hamil ataupun tidak, Moms wajib minum air putih, karena cairan dengan pH netral ini adalah minuman yang paling dibutuhkan tubuh setiap harinya, bukan hanya untuk menjaga metabolisme tubuh tetap lancar tapi juga menjaga fungsi organ secara optimal. Ahli diet Missouri State University mengatakan bahwa minuman terbaik untuk ibu hamil adalah air putih. Bukan hanya mencegah dehidrasi, tapi juga memenuhi kebutuhan air ketuban yang melindungi janin.

2. Kelapa muda

Air kelapa muda punya banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama elektrolit dan mineral yang berfungsi sebagai berfungsi mendetoks tubuh sekaligus menguatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit baik ibu hamil maupun janin yang dikandung. Selain sangat baik mencegah dehidrasi dan menjaga elektrolit tubuh, air kelapa muda juga bisa menjadi alternatif minuman manis yang lebih sehat dan meningkatkan energi tubuh bahkan mendukung kekuatan kandungan ibu.

3. Teh herbal

Minum teh herbal seperti wedang secang, teh daun mint, teh melati tawar, teh serai pandan dan semacamnya dipercaya tetap baik dikonsumsi ibu hamil karena bukan hanya mampu mengurangi gejala mual dan muntah (morning sickness) di awal kehamilan karena aromanya yang harum dan menenangkan, tetapi juga mampu memberikan asupan antioksidan dan efek elaksasi tinggi sehingga mampu mengurangi kondisi stres.

4. Jus buah segar

Alternatif sehat dan kaya gizi lainnya adalah smoothies atau jus buah yang dibuat sendiri di rumah. Ada banyak buah segar yang baik dikonsumsi ibu hamil dan akan lebih baik jika tidak menambahkan banyak gula ke dalamnya. Untuk ibu hamil yang susah makan, jus buah segar jadi menu alternatif yang mungkin bisa menjadi pengganti nasi namun tetap tidak mengabaikan nutrisi. Pastikan mengupas kulit dan mencucinya dengan bersih.

5. Jahe hangat

Wedang jahe atau jahe hangat memiliki rasa yang kuat dan aroma yang segar sehingga bisa mengurangi mual di pagi hari dan melegakan tenggorokan. Sifat antiinfalmasi, antibakteri dan antivirus pada jahe sangat baik menjaga kekebalan tubuh, membantu menyembuhkan penyakit dan memberikan efek relaksi yang baik untuk ibu selama hamil. Pastikan saja tidak menambahkan terlalu banyak gula.

6. Susu

Kandungan protein, kalsium dan lemak sehat di dalam susu sangat lengkap menutrisi janin dan kebutuhan harian ibu, apalagi kandungan kalsium tinggi yang sangat dibutuhkan ibu untuk mempertahankan kepadatan tulang saat hamil sekaligus menyuplai kebutuhan kalsium bayi untuk perkembangan gigi dan tulang yang sehat dan lengkap. Pastikan saja tidak minum susu murni yang masih mentah.

7. Yogurt

Jika eneg minum susu, ibu hamil juga bisa mengonsumsi yogurt yang juga kaya kandungan protein, kalsium dan berbagai nutrisi lain dengan kalori yang lebih rendah. Minum yogurt juga cenderung lebih segar sehingga mampu menambah nafsu makan ibu hamil yang sulit makan. Yogurt bahkan bisa ditambahkan dengan berbagai macam buah segar lain dan oats untuk menambah serat dan gizi.

8. Kopi decaf

Kopi yang sudah mengalami decafeinasi atau dikurangi kandungan kafeinnya boleh diminum ibu hamil meskipun porsinya juga perlu dibatasi karena sebenarnya kopi memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Kalau pun ingin minum kopi biasa, akan lebih baik campurkan dengan susu, jangan sepenuhnya kopi.

9. Infused water

Minuman seperti air hangat dicampur lemon, tomat, mentimun dan buah-buahan berry lainnya juga sangat segar dan sehat diminum ibu hamil. Bukan hanya mengatasi rasa bosan minum air putih, mengonsumsi infused water juga bisa memberi semangat ibu hamil untuk lebih banyak minum air karena telah menambahkan rasa-rasa segar yang alami.

Itu dia sekian minuman yang boleh diminum ibu hamil agar tetap sehat menjalani kehamilan yang mungkin penuh tantangan.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading