Sukses

Parenting

Masalah Nutrisi Hingga Cidera, Ini Penyebab Anak Terlambat Tumbuh Gigi

Fimela.com, Jakarta Umumnya anak tumbuh gigi pertama kali di usia 6 sampai 9 bulan. Meski begitu, ada beberapa anak yang tumbuh gigi di bawah usia 6 bulan dan di atas usia 9 bulan. Anak dikatakan mengalami keterlambatan tumbuh gigi saat usia anak sudah di atas 12 bulan bahkan lebih namun belum ada satupun giginya yang tumbuh. 

Melansir dari laman parents.com, anak yang mengalami keterlambatan tumbuh gigi bisa disebabkan oleh beberapa penyebab. Penyebab  tersebut mulai dari nutrisi anak yang tidak tercukupi dengan baik hingga anak mengalami cidera mulut yang menyebabkan giginya enggan tumbuh.

Penyebab Gigi Anak Terlambat Tumbuh

Penyebab anak mengalami keterlambatan tumbuh gigi yang paling umum adalah adanya faktor genetik atau keturunan. Ini adalah penyebab umum yang sering terjadi dan tak perlu dikhawatirkan terlalu berlebihan. Seiring dengan tumbuh kembang anak, giginya juga akan tumbuh. 

Anak yang mengalami kekurangan nutrisi juga rentan mengalami keterlambatan tumbuh gigi. Kekurangan nutrisi ini bisa terjadi selama di kandungan atau pu setelah dilahirkan dan tiba masa mendapatkan MPASI (makanan pendamping ASI). Tak hanya meningkatkan risiko terlambatnya tumbuh gigi, kekurangan nutrisi juga bisa meningkatkan risiko tumbuh kembang tubuh lain pada bayi terhambat. 

Para ahli mengungkapkan jika cidera pada mulut bayi dan masalah kesehatan juga menghambat pertumbuhan gigi bayi. Para ahli mengungkapkan jika bayi yang lahir dengan berat badan rendah sangat mungkin mengalami keterlambatan tumbuh gigi.

Jika menemukan kondisi bayi terlambat tumbuh gigi apalagi jika di usianya yang lebih dari 1 tahun, jangan segan untuk mengonsultasikan hal ini pada dokter atau ahli kesehatan terkait. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Merawat Gigi Anak yang Terlanjur Gigis
Artikel Selanjutnya
Kapan Bayi Tumbuh Gigi untuk Pertama Kali? Cek di Sini