Sukses

Parenting

Aktivitas Seru Sambut Liburan Sekolah Anak ala Caca Tengker

Fimela.com, Jakarta Jadwal libur sekolah sudah semakin dekat, momen berkumpul bersama keluarga pun menjadi sebuah kegiatan yang paling dinanti setiap tahunnya. Liburan kenaikan kelas kali ini akan terasa sangat spesial karena setelah pembatasan aktivitas selama dua tahun terakhir, tahun ini setiap keluarga memiliki lebih banyak opsi perencanaan yang dapat dilakukan bersama.

Orang tua memiliki peran penting dalam menciptakan momen liburan berkesan melalui kegiatan produktif dan bermanfaat bagi anak-anak. Maka dari itu, Shopee bersama Caca Tengker, seorang Mom Influencer, dan Tita Djumaryo selaku Owner of Ganara Art berbagi tips dan inspirasi dalam mempersiapkan kegiatan seru untuk menyambut liburan sekolah melalui acara Shopee Media Gathering: Liburan Senang, Anak Riang.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia menuturkan, “Liburan adalah waktu terbaik untuk menikmati quality time dan mempererat keharmonisan antara orang tua dan anak. Perlu disadari, mengisi liburan dengan agenda-agenda seru dapat menjadi ruang edukasi yang baik dalam menstimulus kemampuan pada anak, seperti: belajar bereksplorasi, bersosialisasi, menggunakan imajinasi, dan mengekspresikan diri.

Untuk menstimulus hal tersebut, orang tua perlu memiliki pengetahuan dan memiliki persiapan yang matang demi menciptakan momen berkualitas. Melalui kegiatan talkshow ini, Shopee memberikan kemudahan bagi seluruh penggunanya melalui beragam kampanye, promo spesial, fitur yang tersedia, hingga beragam pilihan brand, agar Shopee dapat berperan sebagai solusi untuk para orang tua dalam mempersiapkan liburan anak menjadi lebih bermakna.

 

Antusiasme Caca Tengker

Caca Tengker, Mom Influencer juga turut menyampaikan, “Saya pribadi sangat antusias dan senang dapat berpartisipasi di acara Shopee Media Gathering: Liburan Senang, Anak Riang. Apalagi, saat ini saya juga sedang sibuk mempersiapkan agenda liburan bersama anak-anakku, Ansara dan Aruni. Saya ingin sekali membuat list kegiatan yang akan dilakukan agar lebih terencana dan pastinya melibatkan anak-anak di dalamnya.

Apalagi sebagai working mom, saya sangat terbantu dengan kehadiran Shopee yang mampu memenuhi kebutuhan anak-anak melalui berbagai kategori dan produk-produk khusus anak. Kebutuhan menjelang liburan dapat terpenuhi dengan mudah dan saya dapat berbelanja dengan aman, praktis, dan mudah melalui Shopee. Saya harap kedepannya Shopee dapat senantiasa menjadi sahabat yang dapat diandalkan untuk menciptakan momen-momen yang berkesan bagi seluruh keluarga di Indonesia.”

Caca Tengker dan Ganara Art berdiskusi untuk memberikan tips mengenai aktivitas yang menyenangkan, berkesan, dan pastinya memiliki manfaat untuk tumbuh kembang dan kreativitas anak. Apa saja keseruan dari diskusi tersebut? Berikut Shopee rangkum untuk sobat Shopee sekalian:

Liburan yang menyenangkan adalah liburan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Membuat agenda atau to-do-list bersama dapat menjadi cara untuk meningkatkan hubungan anak dengan orang tua. Selain itu, orang tua juga dapat menjelaskan hal apa yang dapat didapat atau dibangun dari aktivitas ini kepada anak. 

Caca Tengker membagikan rencana aktivitasnya bersama anak-anaknya untuk melatih minat serta kemampuan anaknya dengan plan sebagai berikut

Liburan untuk seluruh keluarga

 

1. Pagi hari, Caca Tengker akan mengajak anaknya untuk ikut memasak serta mempersiapkan sarapan yang dapat melatih kesabaran serta indera pengecapan rasa.

2. Pada siang hari, Caca Tengker akan mengajak anak-anaknya untuk beraktivitas membuat prakarya. Kegiatan ini dapat diisi dengan melukis, mewarnai, menggunting kertas dan lem hingga akhirnya menjadi sebuah bentuk dengan memberikan kebebasan kepada anaknya untuk berkreativitas.

3. Pada malam harinya, Caca Tengker akan mengajak anak-anak untuk movie time dan meminta anak-anak agar menulis nilai positif apa yang dapat dipetik dari film tersebut. Serta, untuk mengapresiasi anak atas kegiatan selama sehari, Caca akan memberikan snack kesukaan anak-anak untuk menjadi teman menonton.

2. Aktivitas seni dapat mendorong kemampuan sensorik dan motorik anak

Jangan sampai si kecil hanya menghabiskan waktu liburannya untuk bermain gadget atau hanya bermalas-malasan saja. Orang tua dapat memberikan aktivitas yang melibatkan seni di dalamnya. Aktivitas ini sangat cocok bagi anak-anak yang memiliki ketertarikan atau bakat dalam bidang seni.

Seperti halnya anak Caca Tengker, yakni Ansara yang gemar menata rias diri / make up. Hal ini dapat didukung oleh orang tua untuk memfasilitasi anak agar dapat mengisi waktu liburan dengan melakukan aktivitas yang disukai dengan bimbingan orang tua. Nyatanya, aktivitas menata rias diri juga dapat melatih kreativitas anak-anak.

Hal serupa didukung oleh Ganara Art yang memiliki beragam aktivitas seni yang juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan bersosial anak. Aktivitas seperti seni lukis, seni kerajinan tangan, seni menari, dan bernyanyi dapat menjadi aktivitas seni yang mudah dilakukan oleh siapapun dan dimanapun berada. Orang tua dapat berkreasi untuk memadupadankan aktivitas agar lebih menarik, seperti melukis di kanvas atau mug, melakukan stamping di tas kanvas polos. 

 

2. Ciptakan suasana hati si kecil agar tetap bergembira

Tidak dapat dipungkiri bahwa suasana hati serta mood anak terkadang memang sulit untuk ditebak. Maka itu, Caca Tengker dan Ganara Art sepakat untuk melakukan hal berikut agar si kecil tetap dalam keadaan yang bersemangat dan gembira:

Mengkomunikasikan dengan tenang dengan jelas aktivitas seru apa saja yang akan dilakukan hari ini kepada mereka.Sebelum memulai aktivitas, dapat diawali dengan storytelling. Hal ini dapat menciptakan imajinasi anak, keterampilan berkomunikasi dan membuat mereka menjadi lebih antusias dan tertarik saat kegiatan di mulai. Selain storytelling juga, mendengarkan cerita anak dengan pertanyaan “bagaimana hari ini?” juga dapat menjadi pembuka yang tepat dan baik. 

4. Jika anak sudah mulai menunjukkan tidak fokus, orang tua dapat menyisipkan aktivitas bernyanyi  bersama atau senam kecil demi menambah keceriaan

Apresiasi segala proses dan hasil anak. Walaupun nanti hasil dari anak tidak sesuai dengan ekspektasi orang tua, tetap berikan apresiasi dengan kalimat afirmasi dan dapat juga memberikan hadiah seperti makanan kesukaannya.

Tita Djumaryo, Owner of Ganara Art turut serta menambahkan, “Sebagai orang tua, penting loh untuk bermain sambil belajar dengan anak. Bermain sambil belajar ini memiliki manfaat untuk membantu perkembangan anak dan orang tua dapat memperhatikan secara langsung apa saja yang telah dikuasai atau belum dikuasai oleh anak. Liburan yang menyenangkan dapat dilakukan dengan berbagai cara, selain mengikuti program liburan kreatif di Ganara Art, orang tua juga dapat bereksplorasi untuk menentukan berbagai aktivitas yang akan dilakukan. Acara yang dilakukan Shopee ini dapat memberikan inspirasi serta gambaran kepada orang tua di seluruh Indonesia untuk menjadikan liburan ini sebagai momen pendekatan personal dengan anak-anak.”

Nantikan rangkaian kampanye menarik dari Shopee yang akan memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan praktis. Selain itu, bagi para moms, manfaatkan kehadiran Shopee untuk menemukan beragam kebutuhan anak dari brand-brand ternama. Pastinya, seluruh pengguna juga dapat menikmati penawaran terbaik seperti discount, gratis ongkir, garansi produk original, dan lainnya.

 

 

 

 

 

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading