Sukses

Parenting

5 Peralatan Medis Penting Dimiliki di Rumah untuk Menunjang Kesehatan Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya sehat, bahagia dan memiliki tumbuh kembang yang baik. Sayangnya ada beberapa masalah kesehatan yang kerap mengganggu anak. Beberapa masalah kesehatan seperti demam, diare atau flu sangat sering menyerang anak. Untuk mengatasi masalah kesehatan ini dan mencegahnya, penting bagi orangtua untuk menyiapkan beberapa peralatan medis sederhana di rumah. 

Saat mendapati anak sakit, pastikan untuk tidak terlalu panik. Lakukan pertolongan pertama yang membuat masalah kesehatan anak reda. Kalau dalam hitungan hari anak belum juga sembuh dari masalah kesehatan yang dialami, usahakan untuk segera memeriksakannya ke dokter atau klinik kesehatan terdekat. 

Pertolongan pertama akan semakin mudah dilakukan jika Mom memiliki peralatan medis sederhana namun sangat penting keberadaannya di rumah. Apa saja peralatan medis tersebut? Simak yang berikut ini.

Termometer

Alat medis pertama yang sangat penting dimiliki orangtua adalah termometer. Alat pengukur suhu tubuh ini sebaiknya selalu ada di rumah. Ini untuk melihat seberapa tinggi suhu badan anak saat ia demam. Dengan mengetahui suhu badan anak, orangtua akan lebih bijak kapan harus memberi anak obat penurun panas dan merawat anak dengan lebih serius lagi. 

Kotak P3K

Penting adanya kotak P3K atau kotak pertolongan pertama pada kecelakaan di rumah. Saat anak bermain, tidak jarang ia akan terjatuh yang menyebabkan luka. Dengan memiliki kotak P3K yang lengkap isinya, Mom bisa membersihkan dan mengobati luka yang mungkin terjadi pada anak di rumah secara sederhana. 

Oralit

Oralit juga sangat penting disiapkan di rumah. Ini demi mengatasi masalah diare yang mungkin saja terjadi pada anak maupun anggota keluarga lain. Selain bisa menghentikan diare, oralit juga bermanfaat menggantikan cairan yang hilang setiap kali anak diare.

Balsam dan Aneka Minyak untuk Kesehatan

Balsam dan beberapa jenis minyak seperti minyak telon, minyak kayu putih atau minyak tawon juga penting dimiliki di rumah sebagai penunjang kesehatan anak. Balsam dan sejenisnya bermanfaat untuk meringankan masalah flu, gatal-gatal akibat gigitan serangga bahkan bisa mengatasi perut kembung pada anak. Aneka minyak seperti minyak telon dan kayu putih juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh anak.

Alat Kebersihan

Demi menunjang kesehatan anak, penting bagi Mom untuk menyiapkan alat kebersihan untuk anak. Pastikan untuk menyiapkan alat kebersihan mulai dari sabun mandi, sampo, sabun cuci piring dan sabun untuk sayur serta buah khusus anak. Ketika kita membiasakan anak hidup bersih dan menggunakan peralatan bersih, ini akan membantunya hidup lebih bersih serta sehat hingga anak dewasa kelak. 

Itulah beberapa hal yang penting dimiliki di rumah untuk menunjang kesehatan anak serta kesehatan keluarga secara menyeluruh. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading