Sukses

Parenting

5 Obat Tradisional untuk Mengatasi Muntah pada Anak

Fimela.com, Jakarta Masalah kesehatan berupa muntah dan diare adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami anak-anak. Meski masalah kesehatan ini bisa sembuh dengan sendirinya melalui istirahat cukup, penting bagi Mom untuk lebih waspada dan cekatan dalam mengatasinya. Ketika anak terus-menerus muntah disertai diare, ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius. Ini bahkan bisa mengancam nyawa anak. 

Untuk mengatasi masalah muntah pada anak, ada beberapa obat alami yang bisa Mom manfaatkan. Beberapa obat alami atau tradisional ini tidak hanya mengatasi risiko muntah dan mual serta diare tetapi juga membantu anak memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang hilang selama muntah. 

Berikut beberapa obat alami atau tradisional untuk mengatasi muntah pada anak.

Air Tajin

Obat alami untuk mengatasi muntah pertama adalah air tajin atau air beras. Cara membuat air tajin sangatlah mudah, ambil satu gelas beras kemudian cuci bersih. Masak bersama 3 gelas air sampai mendidih dan beras setengah matang. Saring airnya, berikan ke anak sebagai obat muntah. Air tajin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan membantu anak memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya dengan lebih baik.

Air Jahe

Air jahe juga bisa digunakan untuk obat muntah anak. Seduh 2 ruas jahe yang telah dimemarkan dengan satu gelas air panas. Tambahkan madu untuk menambah cita rasanya agar lebih manis. Berikan ke anak sedikit demi sedikit untuk mengatasi muntah, mual dan diare.

Teh Mint

Obat tradisional selanjutnya untuk mengatasi muntah pada anak adalah air mint. Ambil beberapa lembar daun mint segar kemudian cuci bersih. Haluskan dengan cara ditumbuk kemudian ambil sarinya. Seduh bersama air lemon dan madu. Jika anak tidak menolak untuk makan daun mint, beri anak daun mint segar untuknya.

Buah Pisang

Buah pisang juga bermanfaat mengatasi muntah ke anak. Buah pisang juga merupakan salah satu buah dengan aroma dan cita rasa yang ramah untuk anak sehingga anak-anak menyukainya. Selain sebagai obat muntah, buah pisang juga bermanfaat menutrisi tubuh anak dengan lebih baik.

Kaldu Ayam

Saat anak muntah dan diare, berikan asupan nutrisi berupa kaldu ayam. Selain mengatasi muntah, kaldu ayam juga bermanfaat menggantikan cairan tubuh yang selama selama muntah. 

Itulah beberapa obat alami atau tradisional untuk mengatasi muntah pada anak. Selain sekian obat alami di atas, obat alami lain yang juga bermanfaat mengatasi muntah anak ada campuran air bawang bombay dna jahe, cuka sari apel, buah jeruk, madu, kayu manis dan cengkeh. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika dalam dua hari muntah pada anak tidak kunjung sembuh, jangan menunggu lama untuk memeriksakan kondisinya ke dokter anak terdekat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading