Sukses

Parenting

Bolehkah Menambahkan Buah Jeruk ke dalam Menu MPASI? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Saat berusia enam bulan, bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Pada usia ini, konsumsi ASI (Air Susu Ibu) saja tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi bayi secara maksimal. 

Mengenai MPASI, ada beragam bahan makanan yang bisa diberikan ke bayi sebagai menu MPASI. Namun Mom, penting diketahui bahwa tidak semua makanan bisa diberikan ke bayi. Ada beberapa makanan yang perlu dihindari untuk diberikan ke bayi meski makanan itu mengandung nutrisi dan gizi terbaik untuk tubuh. Salah satu makanan yang penting dihindari untuk diberikan ke bayi sebagai MPASI adalah buah jeruk.

Kenapa Buah Jeruk Tidak Boleh Diberikan ke Bayi?

Mengutip dari laman theasianparents.com, meski buah jeruk termasuk salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan berbagai nutrisi lain, buah jeruk sebaiknya tidak diberikan ke bayi berusia di bawah satu tahun. Buah jeruk dikatakan pantang untuk diberikan ke bayi sebagai menu MPASI. Kenapa? 

Jeruk merupakan salah satu buah dengan rasa asam yang cukup kuat. Rasa asam ini dikhawatirkan bisa membahayakan sistem pencernaan bayi. Rasa asam ini juga dikhawatirkan bisa menyebabkan risiko alergi pada bayi.

Risiko Memberi Jeruk ke Bayi

Ada beberapa risiko yang bisa terjadi ke bayi saat ia diberikan buah jeruk pada usia yang terlalu dini. Selain menyebabkan masalah sistem pencernaan, memberikan jeruk ke bayi dikatakan bisa menyebabkan ruam popok. Mengutip dari laman healthline.com, kandungan zat asam pada buah jeruk juga meningkatkan risiko bayi mengalami diare. 

Para ahli juga menemukan jika bayi dengan usia bawah satu tahun dan konsumsi jeruk lebih rentan alergi terhadap keasaman. Alergi ini ditandai dengan ruam popok dan ruam pada kulit sekitar mulut. Bayi juga lebih mudah merasa sakit perut karena kandungan asam nitrat pada buah jeruk. 

Jika pun ingin memberikan buah jeruk ke bayi, sebaiknya mulailah saat bayi berusia 1 tahun atau lebih. Pada bayi di bawah satu tahun, beri buah jeruk dalam porsi yang sangat kecil atau campur ke dalam menu MPASI hariannya. Beberapa bayi mungkin tidak menunjukkan alergi saat diberi buah jeruk, tapi beberapa bayi lain bisa saja mengalami alergi yang parah terhadap zat asam pada buah jeruk. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading