Sukses

Parenting

Perlukah Bayi Diberi Susu Formula Sebagai Menu Tambahan MPASI?

Fimela.com, Jakarta Kapan aku bisa memberikan susu formula ke buah hati? Bolehkah aku memberikan susu formula setelah buah hati telah lulus susu eksklusif? Tidak sedikit ibu yang bertanya tentang hal ini pada dirinya sendiri atau pada orang lain. 

Lantas,  mengenai pemberian susu formula ke bayi, sebenarnya kapan sih ini boleh dilakukan?

Ketentuan Pemberian ASI pada Bayi

Menyusui merupakan momen yang sangat mengesankan bagi setiap perempuan. Aturannya, bayi diberikan air susu ibu atau ASI secara eksklusif selama enam bulan pertama usia bayi. Setelah itu, bayi baru boleh diberi makanan pendamping ASI atau MPASI dan tetap disarankan untuk diberi ASI hingga bayi berusia 2 tahun. 

ASI merupakan sumber nutrisi terbaik yang penting untuk tumbuh kembang buah hati. Melansir dari laman theasianparents.com, Mom sebaiknya memberikan ASI secara eksklusif pada buah hati. Meski dalam keadaan sibuk sekalipun dan tak bisa menyusui secara langsung setiap waktu, Mom bisa memompa ASI kemudian memberikannya pada buah hati. 

Selama ASI lancar dan tidak ada masalah yang mengharuskan Mom berhenti memberikan ASI ke buah hati, usahakan untuk hanya memberi ASI ke buah hati secara eksklusif selama enam bulan dan diteruskan hingga buah hati berusia dua tahun. 

Kapan Boleh Memberi Susu Formula ke Bayi?

Saat bayi berusia di atas 6 bulan dan telah mendapat MPASI, saat ini sebenarnya bayi sudah bisa diperkenalkan dengan susu formula. Namun kembali lagi, jika susu formula memang tidak benar-benar dibutuhkan, para ahli menyarankan agar pemberian susu formula tidak dilakukan untuk bayi. 

Bayi sebaiknya diberikan susu formula jika memang ia tidak bisa mengonsumsi makanan lain selain susu atau ASI Mom tidak lancar. Pada dasarnya nutrisi yang terkandung dalam susu formula juga sangat diperlukan buah hati apalagi jika ia tidak konsumsi ASI dengan baik. 

Jikapun Mom masih bertanya-tanya akan pemberian susu formula ke buah hati sebagai pendamping MPASI, jangan ragu untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya. Biasanya, dokter akan menyarankan kapan Mom bisa memberi susu formula ke bayi dan kapan sebaiknya bayi tetap minum ASI sebagai pendamping MPASInya. 

Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading