Sukses

Parenting

Mandi Air Hangat Bisa Bikin Anak Anti Tantrum di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Dalam tumbuh kembang anak adakalanya masa-masa tantrum yang membuat orangtua kewalahan. Terutama jika anak masih dalam usia new born atau terlalu dini.

Ada banyak alasan mengapa seorang anak bisa menjadi tantrum, salah satunya karena kondisi kesehatan kulit yang kurang baik. Menyebabkan anak merasa gatal sehingga menjadi tantrum sebagai respon rasa tidak nyaman.

Untuk mengatasi hal tersebut, ternyata tidak cukup hanya dengan penggunaan krim yang dianjurkan oleh dokter. Melainkan harus dibarengi dengan mandi air hangat.

Menurut dr. Andreas, mandi air hangat menjadi hal penting dalam rutinitas keseharian anak-anak. Terutama pada bayi yang masih berusia sangat dini lebih rentan dan sensitif terhadap perubahan suhu udara.

Pentingnya mandi air hangat

"Di lapisan kulit itu ada yang namanya ikat longgar. Pada bayi, ikat longgar masih terlalu lebar sehingga respon terhadap udara menjadi terlalu cepat," kata dr. Andreas, spesialis anak dalam acara Ariston di Kuningan City.

Komposisi anatomi kulit yang berbeda pada bayi bisa menyebabkan hipotermia ketika mengalami perubahan suhu drastis. Dalam kasus yang lebih serius, hipotermia pada anak bisa menyebabkan kematian.

Dalam sebuah jurnal disebutkan suhu terbaik untuk menjadi bagi bayi dan anak-anak berada di suhu 36-37 derajat celsius. Mandi dengan air yang bersuhu hangat seperti ini akan membuat anak lebih rileks sehingga membuatnya merasa nyaman dan mengurangi potensi tantrum yang membuat orangtua kewalahan.

Dengan tubuh yang lebih rileks, anak bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, mandi air hangat akan membantu sirkulasi di tubuh lebih baik.

Cara menjaga suhu air hangat

"Sirkulasi di tubuh lebih lancar. Sirkulasi tubuh yang baik, aliran darah yang baik, aliran oksigen yang baik, aliran nutrisi yang baik akan membuat imunitas anak menjadi meningkat," tutur dr. Andreas.

Untuk mendapatkan air hangat dengan suhu yang direkomdasikan, kini orangtua tidak perlu repot-repot merebus dan mengukur sendiri suhu air. Ariston memiliki water heater yang mampu menjaga kestabilan suhu air.

Dengan fitur temperatur yang akurat pada produk Andris2 B akan membantu orangtua untuk mendapatkan suhu yang stabil saat mandi. Selain itu, water heater ini terbilang hemat energi karena hanya akan memakan daya listrik mulai dari 150 watt.

Kehadiran produk water heater ini menjadi jawaban atas kebutuhan air hangat yang stabil serta deretan manfaat yang akan didapat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading