Sukses

Parenting

Kapan Anak Dikatakan Terlambat Berjalan? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Saat memiliki buah hati, setiap orang tua pasti berharap bahwa buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan baik. Setiap orang tua pasti ingin melihat anaknya tumbuh dan berkembang seperti anak lain pada umumnya. Sayangnya, tidak sedikit harapan orang tua yang ternyata tak terkabulkan. 

Tumbuh kembang anak berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Beberapa anak mungkin sudah bisa berjalan saat usianya belum mencapai satu tahun. Tapi anak yang lain baru bisa berjalan saat usianya lebih dari satu tahun. Hal ini normal dan orang tua tak perlu merasa khawatir. Namun, bagaimana dengan anak yang usianya sudah lebih dari 15 bulan tapi tak kunjung berjalan? Kapan anak dikatakan terlambat berjalan dan perlu penanganan khusus?

Usia Anak Mulai Berjalan

Melansir dari laman parents.com, normalnya anak mulai berjalan pada usia 12 hingga 18 bulan. Beberapa anak mungkin bisa berjalan saat usianya kurang dari 12 bulan. Tapi umunya, anak berjalan setelah usianya mencapai 12 bulan. Anak butuh proses yang lama untuk sampai benar-benar berjalan sendiri. Proses itu mulai dari tengkurap, merangkak, berdiri dan akhirnya berjalan. 

Pada usia 12 bulan, anak biasanya sudah bisa berdiri sendiri dan mulai melangkah satu atau dua langkah. Dan saat anak berusia 15 bulan, anak pun sudah bisa berjalan sendiri tanpa bantuan. Meski begitu, tidak sedikit anak yang bisa berjalan saat usianya 17 sampai 18 bukan bahkan lebih.

Kapan Anak Dikatakan Terlambat Berjalan?

Penny Glass, Ph.D, seorang psikolog perkembangan dan direktur Program Perkembangan Anak di Children's National Medical Center in Washington, D.C, mengatakan, “Umumnya anak sudah bisa berjalan sendiri saat usia 15 bulan. Tapi beberapa anak lain baru bisa berjalan saat usianya 18 bulan. Ini hal yang normal. Namun setelah 18 bulan anak belum juga bisa berjalan, orang tua perlu mencari tahu.” 

Sama seperti Glass, para ahli sepakat jika anak yang belum bisa berjalan saat usianya 18 bulan atau lebih, anak bisa dikatakan mengalami keterlambatan berjalan. Ketika anak telah berusia 18 bulan dan belum bisa berdiri atau menopang tubuhnya sendiri, perlu dicari tahu apa penyebabnya. Hal ini bisa mengindikasi anak mengalami keterlambatan berjalan atau perkembangan tertentu dalam dirinya. 

Lantas, apa yang perlu dilakukan orang tua saat anak terlambat berjalan? Para ahli menyarankan agar orang tua mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau ahlinya. Jangan segan untuk segera membawa anak ke dokter ketika mendapati anak belum bisa berjalan di usia lebih dari 18 bulan. Anak berjalan dengan kaki jinjit. Mom khawatir akan kesehatan kaki anak. Mom mendapati bentuk kaki dan gerakan kaki anak berbeda antara satu dengan lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading