Sukses

Parenting

Orangtua Penting Tahu, Ini Usia Bayi Mulai Bisa Berjalan

Fimela.com, Jakarta Perkembangan motorik bayi di usia 1 hingga 2 tahun akan berubah secara signifikan. Dari bayi yang hanya bisa tiduran, mulai miring, tengkurap, merangkak hingga berjalan. Tahun pertama dan kedua bayi merupakan tahun-tahun yang begitu istimewa buat bayi maupun orangtua. 

Pada tahun pertama dan kedua tumbuh kembangnya, bayi akan belajar banyak hal baru. Salah satunya adalah belajar berjalan. Melansir dari laman parents.com, bayi umumnya akan mulai berjalan pada usia 9 sampai 10 bulan. Di usia ini bayi juga akan mulai tumbuh gigi dan makan berbagai macam makanan dengan tekstur yang cenderung lebih kasar.

Bayi Duduk, Merangkak dan Mulai Berdiri

Bayi bisa mulai duduk dengan bantuan pada usia 4 bulan. Mom bisa melatih bayi duduk di pangkuan untuk melatih kekuatan otot kaki, paha dan bokongnya. Umumnya bayi mulai bisa duduk sendiri saat usianya 6 sampai 9 bulan. Beberapa bayi bahkan sudah mulai merangkak saat usianya masih 7 bulan dan belajar berdiri dengan berpegang pada benda di sekitarnya pada usia 8 bulan. 

Karena kemampuan motorik bayi satu dengan lainnya berbeda-beda, tak perlu cemas ketika mendapati buah hati Mom belum bisa duduk, merangkak dan berdiri di usia ini. Ada sebagian bayi yang mulai duduk saat usianya sudah 9 bulan ke atas. Jika memang Mom khawatir karena buah hati belum seperti bayi lainnya, konsultasikan hal ini dengan bidan atau dokter ahlinya.

Kapan Bayi Mulai Berjalan Sendiri?

Umumnya bayi akan mulai melangkahkan kakinya pada usia 9 hingga 12 bulan. Pada bayi yang sudah bisa berdiri dengan berpegang pada benda di sekitarnya, ia akan mulai merambat dan melangkah. Mom bisa mentatih buah hati yang sudah berdiri untuk merangsangnya berjalan dan melangkahkan kakinya. Bayi biasanya akan mulai berjalan sendiri tanpa berpegangan tangan di bawah usia 15 bulan. 

Ketika mendapati buah hati belum bisa berjalan di atas usia 15 bulan atau bahkan 2 tahun, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter ahlinya. Rajin-rajinlah menstimulus motorik bayi agar ia bisa tumbuh dan berkembang sesuai usianya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading