Sukses

Parenting

10 Kewajiban Anak di Rumah yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Seringkali hubungan harmonis dalam sebuah keluarga muncul ketika sahabat Fimela menyadari pentingnya hak dan kewajiban. Oleh karena itu penting bagi orangtua dan anak untuk mengetahui hak dan kewajiban yang dimiliki, terutama bagi anak harus diajarkan sejak dini.

Kewajiban menjadi sebuah tanggung jawab yang dapat membuat anak menjadi lebih istimewa. Terlebih membuat mereka merasa dibutuhkan karena dapat menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan.

Dilansir dari romper.com Sarah Hornack, Ph.D., seorang psikolog klinis di Sistem Kesehatan Nasional Anak, menjelaskan bahwa dengan memberikan tanggung jawab kepada anak dapat membuat mereka merasa istimewa.

"Mengerjakan tugas baru atau membantu memberikan kesempatan untuk dipuji dan membantu anak-anak merasa dihargai saat mereka berkontribusi pada rumah tangga," katanya Hornack dikutip dari romper.com.

Berikut 10 kewajiban anak di rumah yang harus diketahui.

1. Menghormati orangtua

Salah satu kewajiban utama seorang anak adalah menghormati kedua orangtua. Cara mudah yang dapat dilakukan seorang anak untuk menghormati orangtua adalah dengan berkata halus dan sopan saat berbicara atau berdiskusi bersama orangtua.

2. Menyayangi keluarga

Menyayangi keluarga merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap anak. Sahabat Fimela harus menanamkan rasa sayang terhadap anak sejak dini karena keluarga merupakan orang terdekat yang selalu memberikan kasih sayang. 

3. Patuh terhadap orangtua

Setiap anak pasti pernah merasa kesal dengan orangtuanya, terlebih ketika keinginan sang anak tidak dituruti. Sebenarnya tanpa disadari bahwa orangtua tidak menuruti keinginan karena ada alasan tertentu, selain itu biasanya keputusan yang diambil oleh orangtua merupakan keputusan yang terbaik untuk sang anak. 

Cara yang dapat dilakukan oleh orangtua agar anak patuh adalah dengan menjelaskan secara jujur alasan mengapa keinginan tersebut tidak dituruti, serta berilah pilihan lain untuk membuat anak bahagia.

 

4. Merawat adik

Kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang kakak adalah dengan merawat adik. Beberapa anak yang telah menjadi seorang kakak menganggap bahwa kehadiran adik menjadi pengganggu karena membuat kasih sayang orangtua terhadap kakak menjadi berkurang. 

Nyatanya hal tersebut merupakan suatu kesalahan. Setiap orangtua pasti menyayangi anak-anaknya, baik kakak atau adik pasti disayang oleh orangtua. Namun dengan cara yang berbeda, maka dari itu sebagai seorang kakak rawatlah adik agar hubungan saudara menjadi akur.

5. Akur dengan saudara

Setiap saudara pasti pernah berkelahi satu sama lain, terutama mereka yang memiliki saudara kembar. Sebagai seorang anak diwajibkan untuk akur dengan saudara agar tercipta keharmonisan dalam keluarga.

6. Merawat hewan peliharaan

Merawat hewan peliharaan dengan memberi makan atau membersihkan kandangnya merupakan kewajiban yang dapat dilakukan seorang anak. Meskipun merawat hewan peliharaan kadang-kadang dapat menjadi berantakan, hal tersebut merupakan tanggung jawab orangtua sebagai tanda kepercayaan terhadap anak. 

7. Membersihkan rumah

Kebersihan rumah tidak hanya menjadi tanggung jawab orangtua, terutama ibu melainkan juga menjadi tanggungjawab seorang anak. Membersihkan ruamh merupakan pekerjaan yang mudah dan seru ketika dikerjakan bersama-sama seluruh anggota keluarga. 

Dengan menanamkan pola hidup bersih dan sehat mulai sejak dini dapat membuat anak sadar akan pentingnya merawat kebersihan. Membersihkan rumah dapat dilakukan dengan cara yang mudah, salah satunya adalah membuang sampah ke tempat yang seharusnya.

8. Membantu pekerjaan rumah

Setiap keluarga harus memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, salah satu tugas yang harus dilakukan oleh seorang anak adalah dengan membantu pekerjaan rumah. Membersihkan rumah bukan hanya tugas ibu saja, melainkan anak pun dapat melaksanakan kegiatan tersebut. Salah satu pekerjaan rumah yang dapat dilakukan oleh seorang anak adalah menyapu dan mengepel rumah.

9. Membuang sampah

Memberikan tugas sederhana ini kepada anak menunjukkan bahwa sahabat FImela mempercayai anak untuk bertanggung jawab dalam tugas yang diberikan. Selain dapat membuat anak merasa dibutuhkan, memberikan tugas-tugas kecil membuat mereka terbiasa untuk menjadi anak yang mandiri.

10. Lebih rajin belajar

Belajar merupakan kewajiban seorang anak yang dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun, tak terkecuali di rumah. Ketika seorang anak belajar dengan rajin membuktikan bahwa dirinya menjalankan kewajiban yang telah diberikan. 

Namun, para orangtua juga harus memberikan fasilitas penunjang untuk anak agar terus rajin belajar seperti memberikan meja belajar yang diinginkan oleh sang anak, memberikan alat tulis, dan kebutuhan lain penunjang aktivitas belajar.

 

*Penulis: Angela Marici.

#Women for Women

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading