Sukses

Parenting

5 Penyebab Umum Bayi Tiba-Tiba Menangis di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Orang tua mana yang tak panik dan cemas ketika mendapati buah hati tiba-tiba menangis di malam hari. Apalagi, jika ia menangis dengan sangat keras dan tak lekas diam. Karena bayi yang menangis di malam hari, tak sedikit orang tua yang akhirnya berpikir macam-macam. Bahkan beberapa mengaitkannya dengan hal mistis. 

Sebelum berpikir macam-macam kenapa bayi tiba-tiba menangis di malam hari, yuk Mom, cari tahu di sini penyebab umum bayi menangis di malam hari. Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa penyebab umum bayi tiba-tiba menangis di malam hari. Beberapa penyebab ini penting diketahui oleh setiap orang tua. Berikut beberapa penyebab tersebut. 

Lapar

Bayi yang tiba-tiba menangis di malam hari bisa disebabkan oleh rasa lapar. Biasanya, hal ini terjadi di Fase Growth Spurt. Dalam dunia medis, fase ini terjadi saat bayi berusia 2 - 3 minggu, 6 minggu dan 3 bulan. Dala fase ini, bayi umumnya merasa sangat lapar sehingga ia ingin menyusu lebih banyak dari biasanya. Ia juga akan merasa lebih mudah lapar meski Mom berpikir sudah memberinya asupan ASI cukup.

Kelelahan

Bayi yang tiba-tiba menangis saat malam atau saat terbangun dari tidur juga bisa disebabkan oleh kelelahan. Bayi yang merasa sangat lelah akan mengungkapkan hal itu dengan menangis. Kelelahan rentan membuat tubuh bayi merasa tidak nyaman. Ini juga cukup mengganggu waktu tidur malamnya. Saat merasa terganggu, ia akan lebih sering menangis dan rewel.

Kecemasan

Bayi pun bisa merasa cemas dan panik. Kondisi ini disebut dengan Separation Anxiety atau Kecemasan Berpisah. Saat bayi tidur dan terbangun dalam kondisi terpisah dari Mom, ini rentan membuatnya menangis tiba-tiba. Ini juga rentan membuatnya tidak nyaman.

Perubahan Jadwal

Penting bagi Mom untuk membuat jadwal tidur yang rutin setiap harinya. Saat bayi tidur di jadwal yang tak sama, ini rentan membuatnya tak nyaman. Ketidaknyamanan inilah yang kemudian membuat bayi lebih sering menangis, rewel bahkan terbangun dengan suasana hati yang buruk.

Masalah Lainnya

Popok yang terlalu basah atau sudah penuh, suasana kamar yang berisik, polusi dan masalah lain juga bisa membuat bayi terbangun kemudian tiba-tiba menangis. Bayi yang sakit juga rentan mudah terbangun saat malam dalam kondisi menangis. 

Saat mendapati bayi tiba-tiba menangis saat malam, pastikan untuk tidak panik terlebih dulu Mom. Atasi dengan dekap hangat dan lembut si kecil, tenangkan dengan mengusap atau memijat lembut tubuhnya, tenangkan bayi dan menyusui bayi dengan senyaman mungkin. Usahakan agar suasana rumah juga lebih tenang dari sebelumnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading