Sukses

Parenting

4 Hal Ini Bisa Membuat Produksi ASI Tak Lancar

Fimela.com, Jakarta Banyaknya ASI yang diproduksi ibu setelah melahirkan bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Ada beberapa penyebab yang terjadi di luar kontrol ibu. Serta, ada beberapa hal yang memang butuh perhatian khusus agar ibu bisa kembali nyaman dan produksi ASI lancar.

Penyebab produksi ASI tidak lancar bisa dipengaruhi oleh empat hal ini. Mulai dari kondisi ibu hingga kebiasaan makan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Kondisi Stres

Shivani Patel, M.D., seperti yang dikutip dari laman utswmed.org, memaparkan bahwa selain menyusui itu penting. kondisi kesehatan mental adalah kunci penting untuk merawat bayi dengan baik. Saat ibu dalam kondisi stres, tertekan, atau gelisah, produksi ASI-nya bisa terhambat. Melahirkan dan merawat si kecil memang bisa sangat menguras energi. Kalau ibu merasa stres dan kurang maksimal memberikan ASI untuk buah hati, tak ada salahnya untuk meminta bantuan dari orang terdekat atau bantuan profesional agar bisa kembali nyaman.

2. Penggunaan Susu Formula

Setelah bayi lahir, payudara bekerja mengikuti konsep supply and demand. Dengan kata lain, makin sering menyusui, produksi ASI bisa makin banyak. Penggunaan susu formula pada bayi dan berkurangnya frekuensi menyusui bisa membuat produksi ASI ibu ikut berkurang. Untuk menyiasatinya, ibu bisa tetap rutin memompa ASI untuk memastikan produksi ASI tetap lancar.

 

3. Pola Makan yang Terlalu Sedikit

 

Dalam sehari, ibu bisa membakar 500 kalori dengan menyusui. Kalau ibu terlalu sedikit makan dan minum, maka produksi ASI bisa kurang lancar. Untuk itu, memastikan pola makan tetap seimbang dengan gizi dan nutrisi yang tercukupi sangatlah penting bagi ibu untuk memastikan produksi ASI tetap lancar.

4. Ibu Sakit

Saat ibu sakit dan mengalami gejala seperti kelelahan, diare, muntah, hingga nafsu makan yang berkurang, maka produksi ASI bisa ikut berkurang. Menjaga kesehatan sangatlah penting bagi ibu menyusui. Untuk itu, sebisa mungkin jaga pola kebiasaan harian dengan baik agar kondisi tubuh bisa tetap bugar agar produksi ASI lancar.

Kalau ibu menyusui mengalami sejumlah keluhan dan mulai makin khawatir dengan produksi ASI yang makin tidak lancar, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat, ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading