Sukses

Parenting

5 Cara Cegah Munculnya Jerawat Selama Masa Menyusui

Fimela.com, Jakarta Selama masa menyusui, jerawat bisa makin sering muncul di wajah. Penyebab munculnya jerawat selama masa menyusui bisa karena sejumlah faktor. Mulai dari stres, dehidrasi, pola makan yang tidak seimbang, peningkatan produksi sebum, hingga perubahan hormon.

Penggunaan produk perawatan kulit wajah (skincare products) pun perlu lebih diperhatikan selama masa menyusui. Selain itu, ada sejumlah tips dan cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat di wajah. Selengkapnya, simak uraian yang dirangkum dari laman momjunction.com berikut ini.

1. Minum Air Putih Cukup

Dehidrasi bisa memicu munculnya jerawat di wajah. Selama masa menyusui, penting untuk selalu memastikan mencukupi kebutuhan air yang cukup setiap harinya. Minum sekitar 8 gelas air putih setiap hari untuk mencegah munculnya jerawat.

2. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji selama masa menyusui. Selain itu, kurangi konsumsi makanan yang terlalu pedas. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi buah dan sayur segar.

3. Dapatkan Tidur yang Cukup

Kurang tidur juga bisa memicu munculnya jerawat selama masa menyusui. Maka dari itu, usahakan untuk bisa mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas agar kondisi tubuh tetap bugar dan wajah bebas dari jerawat.

4. Gunakan Produk Bebas Parfum

Saat memilih pelembab dan tabir surya, usahakan cari yang bebas parfum. Pilih yang kandungannya bebas minyak. Atau kalau kulit sedang sensitif, cukup basuh dengan air hangat suam-suam kuku untuk bantu cegah munculnya jerawat. Kalau pun ada jerawat yang muncul, jangan dipencet karena nantinya bakteri malah menyebar dan makin merusak kulit.

5. Pakai Masker dari Bahan Alami

Masker dari mentimun dan oatmeal bisa dipilih untuk bantu cegah jerawat selama kehamilan. Menggunakan bahan-bahan alami akan lebih aman bagi ibu menyusui dalam merawat kulit. Hindari penggunaan bahan-bahan yang terlalu keras dan dapat memicu iritasi atau infeksi pada kulit.

Menjaga pola makan dan istirahat cukup bisa bantu jaga kondisi dan kesehatan kulit dengan baik. Satu hal lagi yang penting diperhatikan adalah hindari mengonsumsi obat jika belum berkonsultasi ke dokter.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading