Sukses

Parenting

Pemberian ASI Saja Sudah Memenuhi Kebutuhan Energi dan Nutrisi Bayi 6 Bulan Pertama

Fimela.com, Jakarta Saat bayi baru dilahirkan hingga usianya 6 bulan, mereka dapat menerima semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang hanya dari air susu ibu atau ASI. Mereka tidak membutuhkan yang lainnya, seperti air putih, teh, jus, bubur atau makanan dan cairan lain selama periode tersebut, melansir dari unicef.org. 

Namun, nyatanya, banyak yang mengabaikan hal tersebut, meski sudah tahu fakta di atas. Sebab, jika bayi diberi ASI rutin, dan ibu mencoba mulai memberikan makanan lain lebih awal dari enam bulan, tidak diperlukan, jika nekat maka bisa membahayakan.

Memperkenalkan makanan atau cairan lain selain ASI kepada bayi sebelum ia berusia 6 bulan, dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Termasuk di dalamnya memberikan pisang, madu, bahkan jamu, yang sering menjadi makanan lain untuk diberikan untuk bayi sebelum usia 6 bulan.

 

Risiko Penyakit yang Mengintai

Risiko penyakit seperti diare dapat membuat bayi kurus dan lemah, bahkan mengancam jiwa. Selain itu, bayi kita juga akan lebih jarang menyusu, sehingga pasokan ASI kita, yang menjadi makanan terpenting dapat berkurang.

Jadi, jangan ragu lagi tentang khasiat dan manfaat ASI. ASI adalah makanan paling aman dan sehat selama enam bulan pertama kehidupan semua anak di mana pun.

ASI merupakan sumber nutrisi penting yang konstan dan aman. Di mana pun bayi kita tinggal di dunia ini.

Jadi, sudah tidak ragu lagi akan kualitas ASI pemberian Tuhan, kan? Semangat MengASIhi..

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading