Sukses

Parenting

5 Makanan yang Bermanfaat Meningkatkan Produksi ASI

Fimela.com, Jakarta Bagi para Mom yang sedang menyusui, mendapati ASI yang keluar sedikit akan rentan membuatnya stres dan khawatir. Padahal, perasaan stres dan khawatir yang berlebihan selama menyusui justru akan semakin menurunkan produksi ASI. 

Mengutip dari laman verywellfamily.com, penting bagi ibu menyusui untuk tetap merasa rileks dan bahagia. Saat pikiran rileks, ini akan membantu memperlancar produksi ASI. Selain tetap rileks, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI. Salah satunya mengonsumsi beberapa makanan tertentu. 

Para ahli mengungkapkan jika ada beberapa makanan tertentu yang bisa meningkatkan produksi ASI. Makanan tersebut antara lain sebagai berikut:

Sayuran Hijau

Aneka sayuran hijau sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama menyusui. Sayuran hijau mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang melancarkan produksi ASI. Sayuran hijau juga sebagai salah satu makanan yang bisa membuat cita rasa ASI semakin segar.

Gandum atau Oat

Para ahli menemukan jika gandum utuh atau oat mengandung banyak serat di dalamnya. Makanan ini juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik dalam memperlancar produksi ASI. Gandum juga sangat cocok untuk Mom yang ingin menutrisi tubuh secara maksimal dan merasa tetap kenyang dalam waktu lama.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI. Kacang-kacangan adalah, makanan yang kaya serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Tak hanya disarankan untuk dikonsumsi saat menyusui,  kacang-kacangan sebaiknya juga diksonsumsi selama kehamilan dan hari-hari biasa. 

Ikan dan Telur

Ikan dan telur adalah makanan yang kaya akan protein di dalamnya. Makanan ini juga mengandung omega 3 dan asam lemak baik untuk tubuh. Selain memperlancar ASI selama menyusui, nutrisi pada telur dan ikan sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang bayi.

Buah Alpukat

Konsumsi buah alpukat selama menyusui juga bisa membantu memperlancar produksi ASI. kandungan nutrisi pada buah satu ini sangat baik untuk kesehatan Mom pun buah hati. 

Itulah sekian makanan yang bermanfaat meningkatkan produksi ASI.  Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading