Sukses

Parenting

5 Cara Mudah Merawat Gigi Bayi yang Baru Tumbuh

Fimela.com, Jakarta Merawat dan menjaga kesehatan gigi tak hanya berlaku saat seseorang sudah dewasa. Sejak seseorang masih bayi, orangtua perlu membiasakan buah hati untuk merawat dan menjaga kesehatan giginya. 

Mengutip dari laman parents.com, merawat gigi bisa dimulai sejak buah hati tumbuh gigi untuk pertama kali atau bahkan sebelumnya. Tujuannya adalah, agar gigi bayi bersih, sehat dan kuat hingga usianya dewasa kelak. Gigi yang tidak terawat dengan baik, ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan orangtua untuk merawat kesehatan gigi bayi, terutama untuk bayi yang baru tumbuh gigi. Simak baik-baik ya Mom.

Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Sejak tumbuh gigi bahkan sebelumnya, Mom bisa membiasakan buah hati untuk menyikat giginya. Tak perlu khawatir akan melukai gusi buah hati. Di usianya yang sedini mungkin, kita bisa menyikat gigi bayi dengan sikat gigi khusus. Kalau pun Mom khawatir menggunakan sikat gigi, Mom bisa memanfaatkan kain kasa yang dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan gigi dan gusi bayi.

Gunakan Pasta Gigi Khusus

Usahakan untuk menggunakan pasta gigi khusus bayi dalam merawat giginya. Pasta gigi khusus bayi dirancang untuk kebutuhan bayi. Ini berisiko rendah sebagai penyebab alergi dan masalah kesehatan lain.

Buat Acara Sikat Gigi Semenyenangkan Mungkin

Buatlah acara sikat gigi semenyenangkan mungkin untuk buah hati. Ketika anak menyikat gigi secara menyenangkan, ini akan membuatnya nyaman dan rajin sikat gigi. Ini juga akan membantu Mom lebih mudah dalam membersihkan gigi buah hati.

Beri Contoh

Pastikan untuk memberi contoh yang baik ke buah hati. Termasuk contoh dalam menyikat atau merawat gigi. Anak-anak cenderung meniru apa yang dilakukan orang dewasa di sekitarnya. Termasuk meniru kebiasaan baik dalam merawat gigi.

Hindari Membiarkan Bayi Tidur dengan Minum Susu

Apakah Mom punya kebiasaan memberikan buah hati susu saat ia tidur? Jika iya, cobalah untuk mengurangi bahkan menghentikan hal ini mulai sekarang. Membiarkan bayi tidur dengan minum susu botol, akan rentan membuat giginya rusak. Ini juga rentan membuat bakteri penyebab masalah gigi lebih mudah berkembang biak. 

Itulah sekian cara mudah yang bisa Mom lakukan, untuk merawat kesehatan gigi bayi yang baru tumbuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading