Sukses

Parenting

8 Hal yang Bisa Dilakukan Orangtua untuk Membuat Anak Lebih Cerdas dan Berkembang dengan Baik

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua tentunya menginginkan anaknya menjadi cerdas dan sukses di masa depan. Namun, tahukah kamu bahwa kecerdasan anak tidak hanya ditentukan oleh faktor genetik saja, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan didikan yang diberikan oleh orangtua.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, kecerdasan anak dapat diartikan sebagai kemampuan mental atau kognitif yang dimiliki oleh seorang anak dalam memahami, mengolah, dan mengaplikasikan informasi. Kecerdasan anak meliputi berbagai aspek, seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kemampuan bahasa, kemampuan matematika, kemampuan spasial, serta keterampilan sosial dan emosional.

Kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa lingkungan berperan lebih besar dalam membentuk potensi kognitif anak. Oleh karena itu, lingkungan dan stimulatif  yang baik dapat membantu anak untuk mengoptimalkan potensi kecerdasannya.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat menjadikan anak cerdas serta bagaimana orangtua dapat memaksimalkan potensi kecerdasan anak.

1. Faktor Genetik

Kecerdasan intelektual anak dipengaruhi oleh faktor genetik sekitar 50-80%. Namun, faktor ini bukan suatu yang mutlak. Meskipun faktor genetik membatasi potensi kecerdasan seseorang, tetapi faktor lainnya seperti lingkungan dan didikan juga dapat mempengaruhi perkembangan otak anak.

2. Nutrisi yang Baik

Dilansir dari KidsHealth, nutrisi yang baik sangat penting untuk mendukung perkembangan otak anak. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu otak anak berkembang dengan optimal. Beberapa nutrisi yang penting untuk mendukung perkembangan otak anak antara lain omega-3, protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat kompleks.

Lingkungan yang sehat dan positif menjadi salah satu faktor yang membangun kecerdasan anak

3. Stimulasi yang Baik

Stimulasi yang baik sangat penting untuk menjadikan anak lebih cerdas. Dalam mendukung stimulasi anak, orangtua dapat memberikan mainan yang mendukung pengembangan motorik dan sensorik, buku cerita yang menarik, dan permainan yang mengasah keterampilan berpikir dan kreativitas. Anak yang mendapatkan stimulasi yang baik dari orangtua dan lingkungannya akan lebih cepat mengembangkan kemampuan kognitifnya.

4. Pendidikan yang mendukung kecerdasan anak

Pendidikan menjadi suatu hal yang sangat penting dalam membentuk kecerdasan anak. Pendidikan yang baik tidak hanya berfokus pada akademik saja, tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan sosial pada anak. Selain itu, orangtua juga dapat memberikan pendidikan yang terbaik mulai dari rumah dengan cara membiasakan anak membaca serta mengeksplorasi hal-hal baru bersama anak.

5. Lingkungan yang Sehat

Dilansir dari National Institute of Child Health and Human Development, lingkungan yang baik dapat memengaruhi perkembangan otak anak. Anak yang tumbuh dalam lingkungan yang sehat, aman, dan positif akan lebih mudah mengembangkan kemampuan kognitifnya. Selain itu, lingkungan yang sehat juga dapat membentuk karakter dan keterampilan sosial anak.

6. Olahraga atau Aktivitas Fisik

Olahraga atau aktivitas fisik sangat dibutuhkan oleh anak untuk mendukung kecerdasan pada anak. Aktivitas fisik efektif membantu perkembangan otak dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak seperti memori, konsentrasi, dan kreativitas.

Orangtua memainkan peran penting dalam membantu anak mengembangkan keterampilan sosialnya

7. Didikan yang membangun

Didikan yang membangun menjadi faktor penting dalam membentuk kecerdasan anak. Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang penuh kasih sayang, perhatian, dan mendukung anak akan lebih mudah berkembang dengan baik.

Didikan orangtua yang dapat dilakukan yakni memberikan batasan dan kosekuensi yang jelas, memberikan contoh yang baik, dan memberikan pujian atau penghargaan pada anak.

8. Keterampilan Sosial

Anak yang memiliki keterampilan sosial yang baik akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya serta dapat membangun hubungan sosial yang positif. Dalam hal ini, orangtua memainkan peran penting dalam membantu anak mengembangkan keterampilan sosialnya.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara memberikan contoh yang baik ketika berinteraksi dengan orang lain serta membimbing anak dalam memahami perasaan dan emosi orang lain.

Demikian beberapa faktor yang dapat menjadikan anak cerdas serta bagaimana orangtua dapat memaksimalkan potensi kecerdasan anak. Dalam memaksimalkan potensi kecerdasan anak, orangtua juga perlu memperhatikan faktor-faktor tersebut secara keseluruhan.

Namun, perlu dipahami juga bahwa setiap anak memiliki potensi dan kemampuan yang berbeda-beda sehingga membutuhkan bimbingan yang sesuai dengan karakteristik anak.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading