Sukses

Parenting

8 Penyebab Bayi Sering Terbangun dan Menangis Saat Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Bagi orangtua yang memiliki buah hati masih bayi, tidak jarang akan menemukan momen di mana bayi sering terbangun saat malam. Dalam beberapa kasus, bayi bahkan seringkali tak tidur saat malam dan membuat kedua orangtuanya begadang untuk menjaganya. Ada banyak penyebab kenapa bayi sering terbangun dan menangis saat malam. 

Mengutip dari laman parents.com, berikut beberapa penyebab umum kenapa bayi sering terbangun saat malam.

1. Kedinginan atau Kepanasan

Penyebab pertama bayi terbangun adalah merasa kedinginan atau kepanasan. Cuaca yang terlalu dingin rentan bikin terbangun. Pun saat cuaca sangat panas. Sebaiknya, gunakan baju bayi yang nyaman. Pakaikan baju hangat saat dingin dan pakaikan baju dingin saat panas. 

2. Suara Berisik atau Bising

Adanya suara berisik dan bising juga rentan bikin bayi terbangun saat malam. Usahakan untuk menidurkan bayi di kamar yang tenang, nyaman dan tidak banyak suara di sekitarnya. Suara berisik dan bising juga rentan bikin bayi terkejut dalam tidurnya. 

3. Sakit

Bayi yang sedang sakit juga akan sering terbangun saat malam. Ia bahkan rentan rewel, menangis dan susah untuk tidur kembali. Kompres bayi jika tubuhnya panas. Tenangkan ia dan usap-usap bagian tubuhnya yang sakit agar lebih tenang. 

4. Tumbuh Gigi

Momen tubuh gigi sering bikin bayi rewel dan sering terbangun saat malam. Tumbuh gigi bahkan bisa meningkatkan risiko tubuh bayi demam. Ini menimbulkan suasana yang sangat tidak nyaman. Bayi pun jadi lebih rentan terbangun.

5. Popok Penuh atau Kotor

Usahakan untuk memantau popok bayi sesering mungkin. Popok yang terlalu penuh dan basah serta kotor, menyebabkan ketidaknyamanan tersendiri pada bayi. Ini bisa membuatnya rentan terbangun saat malam. Ini juga rentan membuatnya rewel. 

6. Kelelahan

Bayi yang terlalu lelah, juga akan sering terbangun saat malam. Kelelahan pada bayi bisa karena aktivitasnya yang terlalu padat, sedang dalam perjalanan jauh atau kurang perhatian dari orangtua. Sama seperti orang dewasa, bayi yang lelah akan merasa tidak nyaman, emosi dan menangis.

7. Lapar

Kelaparan juga bisa bikin bayi rentan terbangun saat malam hari. Rasa lapar karena belum minum ASI atau asupan makanannya tidak mencukupi, rentan membuatnya merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan inilah yang membuatnya kerap terbangun saat malam. 

8. Tidak Mau Jauh-Jauh dari Mom

Dalam tumbuh kembang bayi, ada saat di mana bayi tak mau jauh-jauh dari Mom. Seiring dengan tumbuh kembangnya, ada minggu-minggu khusus di mana anak lebih ingin selalu dekat dengan Mom, rentan rewel dan tak mau ditinggalkan bahwa saat ia tertidur. 

Itulah sekian penyebab umum kenapa bayi sering terbangun saat malam hari. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Mom, jaga dan rawat buat hati dengan penuh ketulusan, agar kita selalu bahagia dan bersyukur memilikinya. Meski capek, lelah dan sering begadang saat malam, ketulusan akan membantu kita jadi orangtua yang lebih sabar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading