Sukses

Parenting

6 Tips Efektif Melatih Anak Berpuasa yang Dilakukan Secara Bertahap

Fimela.com, Jakarta Ramadan selalu dianggap sebagai waktu yang bermakna bagi umat Musim di seluruh dunia. Di bulan suci penuh berkah ini, banyak dari kita melaksanakan puasa tak terkecuali bagi buah hati. Beberapa orangtua telah melatih anak-anak mereka untuk berpuasa. Tentunya dibutuhkan tahapan untuk memulai berpuasa.

Dari anak suai 7 tahun, kita bisa mendorong mereka untuk belajar berpuasa selama beberapa jam saja. Untuk memulai membantu mereka berpuasa, berikut beberapa tips untuk melatih anak berpuasa. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Latihan Berpuasa

Ada begitu banyak cara bagi mereka untuk mencoba puasa. Apakah mereka harus bangun untuk sahur, sarapan terlambat atau melewatkan sarapan sama sekali, ini akan memberi mereka nuansa rutinitas. Setelah mereka terbiasa, mereka dapat mulai dengan puasa selama beberapa jam, yang secara bertahap dapat meningkat karena mereka merasa lebih nyaman dari 3 hingga 5 jam dan dari setengah hari puasa hingga satu hari penuh puasa.

2. Buat Pilihan yang Sehat

Anak -anak membutuhkan makanan sepanjang hari. Saat memikirkan apa yang harus disiapkan untuk menu makanan mereka, pilih hidangan dan makanan ringan yang seimbang dan bergizi. Kurangi asupan makanan asin dan manis karena mereka hanya akan meningkatkan rasa haus dan lapar sepanjang hari. Makanan yang tinggi serat dan protein adalah yang terbaik untuk membuatnya tetap penuh untuk sebagian besar puasa mereka, ini termasuk susu, yoghurt, nasi, kentang dan sayuran.

3. Berikan Penghargaan

Beri anak -anak memiliki tujuan dan memberikan penghargaan pada tujuan mereka. Berapa hari mereka ingin mencoba puasa dalam seminggu? Atau berapa jam dalam sehari mereka berpuasa? Setelah Mom menuliskannya, berikan penghargaan berupa hadiah untuk setiap tujuan yang mereka capai. Tak perlu hadiah mahal, cukup memberikan camilan kesukaan dia saat waktu berbuka tiba.

4. Lihat Kemajuannya

Buat kalender yang penuh warna untuk melacak tujuan dan pencapaian puasa mereka dan memasangnya di dinding. Untuk setiap hari mereka menyelesaikan puasa mereka, letakkan bintang emas atau stiker dan kata -kata penyemangat. Ini memberi mereka rasa bangga dalam upaya yang mereka lakukan dan akan mendorong mereka untuk melakukannya lebih sering.

5. Ajaklah Mempersiapkan Menu Buka Bersama

Baik bangun untuk sahur atau membantu mempersiapkan buka puasa, libatkan anak dalam prosesnya. Mereka bisa membantu menata setiap hidangan yang akan disantap atau menyiapkan kurma untuk seluruh anggota keluarga. Biarkan mereka terbiasa dengan rutinitas dan mereka ingin menjadi bagian dari itu.

6. Berikan Pemahaman Tentang Berpuasa

Penting bagi anak -anak untuk memahami mengapa Ramadan memiliki arti penting bagi umat Islam dan mengapa kita berpuasa, jadi ada baiknya meluangkan waktu untuk menjelaskan hal ini kepada mereka dan menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki. Mempelajari beberapa sunnah puasa yang kita praktikkan juga dapat membantu mereka melihat keindahan Ramadan. Selain melibatkan mereka selama sahur dan berbuka, mari kita dorong mereka untuk membaca Quran atau bahkan hanya duduk bersama Mom saat mengaji.

Well, ketika proses belajar ini, jangan terlalu memaksa si kecil, ya Mom. Karena berpuasa bagi anak hukumnya tidak wajib, mereka masih anak-anak yang memang perlu belajar untuk memulai berpuasa. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading