Sukses

Parenting

7 Pilihan Makanan yang Bermanfaat Menambah Berat Badan Anak

Fimela.com, Jakarta Memiliki anak dengan tubuh berisi atau gemuk, bisa memberikan kebahagiaan tersendiri bagi setiap orangtua. Sebenarnya ada beragam pilihan makanan yang bisa menambah berat badan anak. Selain bisa menambah berat badan, aneka makanan ini mengandung berbagai nutrisi yang mengoptimalkan tumbuh kembang anak. 

Mengutip dari laman parents.com, normalnya, anak-anak usia 10 - 14 tahun, mengalami kenaikan berat badan 2 - 3 kg pertahunnya. Kenaikan berat badan anak, bisa menjadi tolak ukur bahwa tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Jadi, orangtua harus harus memperhatikan kenaikan berat badan ini dengan lebih baik. 

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menambah berat badan anak.

Alpukat

Makanan pertama yang bermanfaat menambah berat badan adalah alpukat. Buah ini baik dikonsumsi anak-anak bahkan sejak usianya masih bayi. Alpukat mengandung lemak sehat yang baik buat tubuh. Ini juga mengandung berbagai nutrisi yang tak hanya menambah berat badan, tetapi juga meningkatkan perkembangan serta kecerdasan anak. 

Pisang

Buah pisang adalah jenis buah-buahan yang juga bermanfaat menambah berat badan anak. Buah pisang mengandung berbagai vitamin, zat besi, kalsium, potasium dan masih banyak lagi. Selain rasanya yang enak, teksturnya yang lembut, buah ini juga bisa diolah menjadi beragam makanan lezat.

Susu dan Olahannya

Ingin berat badan buah hati naik, usahakan untuk memberinya susu atau produk olahannya. Susu juga sangat baik untuk kesehatan tulang serta gigi anak. Ada beragam makanan yang disukai anak-anak juga dibuat dengan bahan dasar susu, seperti puding, kue atau campuran pasta

Nasi

Berikan nasi ke buah hati jika ingin berat badannya naik. Nasi adalah makanan pokok yang bisa menambah berat badan anak secara optimal. Sajikan nasi bersama lauk lain untuk melengkapi nutrisi di dalamnya.

Telur

Berat badan anak bisa naik dengan asupan protein cukup. Salah satu sumber protein terbaik dan sehat ada telur. Baik telur ayam, bebek dan puyuh, semuanya memiliki nutrisi tinggi buat tubuh. Telur juga bisa menambah berat badan anak sekaligus memaksimalkan perkembangan pun kecerdasan anak.

Ikan

Ikan adalah makanan selanjutnya yang bermanfaat menambah berat badan anak. Ada beragam jenis ikan yang menyehatkan. Mulai dari ikan air tawar hingga ikan air laut. Ikan adalah sumber protein berkualitas tinggi dan mengandung omega 3 yang baik untuk kecerdasan anak.

Daging

Aneka jenis daging mulai dari daging sapi, daging kambing, ayam dan bebek, adalah sumber kalori, protein, lemak dan zat besi. Ada beragam masakan lezat yang siap memanjakan lidah buah hati sekaligus menambah berat badannya. 

Itulah sekian pilihan makanan yang bermanfaat menambah berat badan anak. Yuk Mom, berikan aneka makanan ini ke buah hati. Tapi ingat, jangan lupa untuk mencukupi sumber makanan lain berupa sayur dan  buah agar anak makin sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading