Sukses

Parenting

Tidak Melulu Berikan Uang, ini 5 Ide Unik THR Lebaran untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Berjalan 3 minggu di bulan Ramadan, hanya sisa satu minggu lagi hingga perayaan Hari Idul Fitri. Biasanya di minggu-minggu ini para orang tua sudah mulai mempersiapkan THR untuk anak-anaknya, ada yang berbentuk uang, mainan, hadiah, atau barang lainnya. THR sendiri adalah kepanjangan dari Tunjangan Hari Raya, dimana diberikan kepada anak sebagai tanda keberhasilan usai berpuasa penuh selama sebulan. Bagi orang dewasa yang sudah memiliki pekerjaan, memberikan THR kepada sanak saudara yang masih muda adalah hal  yang wajib, terutama yang masih kecil-kecil. Saat hari lebaran pun proses pembagian THR menjadi momentum menyenangkan yang membuat suasana makin meriah dan mempererat hubungan kekeluargaan.

THR umumnya diberikan dalam bentuk amplop dengan banyak jenis gambar dan bentuk, ada yang bergambar masjid, anak kecil sedang bersalaman, gambar ketupat, atau hanya tertulis selamat Hari Raya Idul Fitri. Tiap-tiap pemberian THR sebenarnya tidak dipatokan harus dalam jumlah tertentu, dan tidak melulu harus memberikan uang. Ada opsi lain yang unik benda untuk memberikan THR pada anak, dibawah ini beberapa kreasi lain selain memberikan uang kepada anak. 

Berikan mainan kesukaan 

Memberikan anak mainan kesukaannya bisa sebagai alternatif lain untuk memberikan THR atas keberhasilannya dalam berpuasa secara  sebulan penuh ataupun tidak. Tidak masalah menggantikan uang dengan mainan karena anak kecil cenderung belum saat nya memegang uang sendiri. Pilih mainan yang disukai anakmu lalu bungkus dengan kertas kado atau kertas polos agar tidak bisa ditebak biar sang anak ada rasa senang dan penasaran untuk membuka kado tersebut.

Gunakan amplop unik

Sudah biasa rasanya jika memberikan uang THR hanya dalam bentuk amplop polos yang tidak berwarna. Sudah banyak yang menjual berbagai macam amplop unik dan menarik perhatian anak. Jika ingin sesuatu yang berbeda, coba untuk memasukkan uang THR dengan amplop bergambar muka sang anak atau karakter favoritnya seperti kartun, anime, ataupun karakter superhero. Dengan begitu, sang anak akan sangat menghargai pemberian THR tersebut dan cenderung lebih fokus pada bungkus amplopnya dibandingkan jumlah uang yang diberikan. 

Buket bunga

Opsi ini mungkin akan cocok untuk anak yang sudah beranjak remaja atau yang sudah menuju dewasa. Tak hanya diberikan ketika perayaan ulang tahun atau hari ibu saja, buket bunga ini pada intinya adalah tanda rasa kasih sayang kepada orang terdekatnya. Buket bunga bisa menjadi pemberian THR yang unik untuk tipe anak yang menyukai bunga. Kamu bisa memesan buket bunga di toko atau membuatnya sendiri agar lebih terasa upaya pemberian hadiah spesial untuk anak tercinta. Selipkan sedikit uang di sela-sela bunga untuk memberikan kejutan, anak pun akan semakin senang menerimanya.

Alat elektronik

Bisa dengan membelikan alat elektronik yang saat ini sedang dibutuhkan anak, seperti handphone untuk anak yang sudah mulai mengerti penggunaan smartphone, kamera digital untuk anak yang hobi berfoto, atau mungkin laptop untuk anak yang memasuki jenjang pendidikan tinggi. Sesuaikan pemberian alat elektronik sesuai dengan umur dan kebutuhan, jangan sampai membelikan sesuatu yang tidak berguna alhasil hanya disimpan dan tidak terpakai. 

Voucher belanja

Uang dalam berbentuk voucher?  Kenapa tidak? Voucher belanja bisa menjadi salah satu pemberian tepat untuk anak ketika lebaran.  Anak-anak khususnya anak remaja sudah mulai mengerti barang kebutuhannnya dan menyukai belanja barang-barang yang disukai. Dengan memberikan voucher belanja sebagai pengganti uang, akan membuatnya sangat senang karena mereka bisa menggunakannya untuk membeli pakaian, alat tulis, alat elektronik, atau barang lainnya. 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan Update

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia.

    THR

  • THR Lebaran adalah Tunjangan Hari Raya yang dibayarkan setiap pengusaha kepada karyawannya setidaknya H-7 Lebaran Idulfitri.

    THR Lebaran

Loading