Sukses

Parenting

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menebus Kesalahan Karena Membentak Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti akan merasa sedih, menyesal dan terluka karena telah bersikap kasar ke anak. Bisa dipastikan bahwa hampir semua ibu, akan merasa sedih sesaat setelah ia membentak buah hatinya. Apalagi, ketika ia menyadari bahwa buah hati merasa sangat terluka, terpuruk dan sedih karena perlakuan orangtua terhadapnya. 

Anak-anak memang sering kali bikin orangtua merasa emosi dan marah. Meski begitu, pastikan untuk bersabar menghadapi segala tingkah lakunya. Kalaupun kamu harus terpaksa marah hingga membentak anak, usahakan agar hal ini tidak membekas di ingat anak. Perlakuan kasar dan bentakan dari orangtua, berpotensi membuat anak depresi. Ini juga berpotensi membuat tumbuh kembangnya terhambat. 

Untuk menebus kesalahan karena telah membentak anak, ada beberapa hal yang bisa orangtua lakukan. Hal tersebut antaranya sebagai berikut:

Minta Maaf

Hal pertama yang harus dilakukan orangtua setelah membentak anak adalah meminta maaf padanya. Hal ini akan membuat anak merasa lebih tenang. Ini juga melatih anak untuk mau meminta maaf jika ia suatu saat nanti juga melakukan sebuah kesalahan. Minta maaflah dengan tulus dan berjanjilah bahwa akan bersikap lebih sabar kepadanya terhadap diri sendiri.

Physical Touch

Physical touch adalah bentuk love language yang mengacu pada mengekspresikan dan menerima kasih sayang melalui sentuhan dan kedekatan fisik. Peluk, cium dan usap lembut rambut anak. Dengan cara ini, anak akan merasa lebih tenang. Ia perlahan juga akan melupakan bentakan yang pernah Mom atau ayah lakukan. Physical touch bisa membantu anak untuk semakin percaya ke orangtua kalau mereka menyayanginya.

Jelaskan Alasan Mom Membentak Anak

Jika anak sudah lebih tenang, sambil terus di dekat anak Mom bisa menjelaskan ke anak kenapa Mom membentaknya. Jelaskan bahwa Mom sangat mencintainya. Ketika Mom marah, berarti apa yang dilakukan anak tidak benar. Dan ini perlu perbaikan. Membentak anak mungkin menyakiti hatinya, tapi jelaskan bahwa jika dia mendengar nasehat Mom, Mom bisa bersikap lebih sabar terhadapnya.

Ucapkan Terima Kasih

Setelah Mom meminta maaf dan menasehati anak, ucapkan terima kasih padanya. Berterimakasihlah ke anak karena telah menjadi anak yang baik. Terima kasihlah karena anak sudah tumbuh dan berkembang dengan baik selama ini. Mengucapkan terima kasih ke anak, akan membuat kedekatan kalian berdua semakin kuat. Ini juga akan menguatkan rasa kasih sayang dan cinta di hati kalian untuk satu sama lain.

Temani Anak Bermain

Jangan sedih lagi karena telah memarahi anak Mom. cairkan suasana dengan menemani anak bermain. Pastikan bahwa Mom menikmati waktu bermain bersama. Pastikan juga bahwa Mom bersikap lebih ramah dan penuh kasih sayang padanya. 

Itulah sekian hal yang bisa dilakukan untuk menebus kesalahan setelah membentak anak. Selain perasaan Mom menjadi lebih bahagia dan lega, ini juga akan membuat anak semakin yakin bahwa Mom sangat mencintainya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading