Sukses

Parenting

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Bayi dan Balita yang Penting Mom Ketahui

Fimela.com, Jakarta Gigi menjadi salah satu bagian tubuh yang harus dijaga dengan baik. Kesehatan gigi ini penting untuk dijaga kesehatannya bahkan sejak seseorang berusia sedini mungkin atau bayi. Orangtua bertanggung jawab untuk membersihkan dan merawat gigi serta gusi buah hati sejak hati. Orangtua juga disarankan untuk membiasakan anak menjaga kebersihan giginya sejak usia sedini mungkin. 

Tapi, bagaimana dengan menjaga kebersihan gigi bayi? Apa lagi untuk mereka yang belum memiliki gigi atau belum tumbuh semua giginya?

Membersihkan Gigi dan Gusi Bayi

Mengutip dari laman parents.com, untuk membersihkan gigi dan gusi bayi, wajib dilakukan sejak bayi hanya konsumsi ASI saja. ASI yang menempel di gusi bayi bisa menyebabkan masalah kesehatan gusi dan mulut jika tidak dibersihkan. Jadi, orangtua harus membersihkannya secara teratur. 

Lantas, bagaimana cara untuk membersihkan gigi dan gusi bayi ini? Caranya cukup mudah Mom, manfaatkan kain kasa atau kain lap bersih yang dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan area mulut bayi. 

Selain bisa mengangkat sisa ASI atau makanan lain yang menempel di gigi serta gusi bayi, ini juga mencegah risiko sariawan pada bayi. Bersihkan gigi dan gusi bayi dengan kain secara hati-hati dan teratur setidaknya dua kali dalam sehari. Waktu ini adalah di pagi hari setelah makan dan malam hari sebelum tidur.

Biasakan Anak Sikat Gigi Sejak Usia 2 Tahun

Ketika anak menginjak usia 2 tahun, mulai ajari anak untuk membiasakan diri menyikat giginya. Berikan sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk bayi. Biasanya, sikat dan pasta gigi memiliki tekstur yang lembut sesuai dengan kebutuhan bayi. Biasakan anak menyikat gigi di pagi hari setelah makan dan di malam hari sebelum tidur. 

Agar gigi dan gusi anak senantiasa sehat, Mom harus memperhatikan aneka makanan yang dikonsumsi sehari-hari olehnya. Hindari memberikan makanan yang terlalu panas atau dingin ke anak. Hindari pula memberikan makanan manis mengandung gula kepada anak. Saat memulai MPASI, sebaiknya perkenalkan sayuran lebih dulu ke anak. Mengenalkan buah lebih dulu ke anak, akan membuat anak lebih suka pada buah atau makanan yang manis. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading