Sukses

Parenting

9 Tips Tidur Berkualitas untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Memberikan kenyamanan dan keamanan memang menjadi tanggung jawab bagi orangtua terhadap anak, termasuk dalam memberikan kenyamanan untuk tidur. Anak memerlukan waktu tidur yang cukup bagi mereka untuk dapat mengumpulkan energi buat aktivitas keesokan harinya. Kekurangan waktu tidur juga membuat anak mudah terkena penyakit dan lelah. 

Oleh karena itu, sebagai orangtua penting untuk memberikan kenyamanan saat anak tidur seperti dengan memberikan tempat tidur yang nyaman, suasana tidur yang tenang, dan lainnya. Dilansir dari sleepfoundation.org, tidur merupakan dasar penting untuk kesehatan mental dan fisik anak. Orangtua dapat membantu anak dalam memenuhi waktu istirahat yang dibutuhkan dalam tumbuh dan kembang.

Tidur berperan penting dalam perkembangan pikiran anak dan memberi pengaruh pada kewaspadaan dan perhatian, kinerja kognitif, suasana hati, ketahanan, perolehan kosa kata, dan pembelajaran serta memori. Tidur juga memberikan manfaat penting bagi pertumbuhan terutama pada masa awal bayi. Kekurangan tidur akan membuat anak menjadi pemarah dan hiperaktif. Selain itu, juga berpengaruh pada kinerja mereka ketika berada di sekolah baik kinerja akademik maupun kesehatan mental.

 

 

Tips Tidur untuk Anak

Dilansir dari nationwidechildrens.org, berikut terdapat beberapa tips untuk membuat anak lebih mudah tertidur:

Membuatkan anak jadwal tidur. Menetapkan waktu tidur dan bangun anak pada waktu yang sama pada setiap harinya dapat membuat anak terbiasa. Pastikan juga perbedaan waktu tidur dan bangun saat sekolah dan libur tidak boleh lebih dari satu jam. 

Menetapkan rutinitas waktu tidur. Anak harus memiliki rutinitas waktu tidur selama 20-30 menit setiap malamnya pada waktu yang sama. Rutinitas yang dapat dilakukan anak seperti membaca buku atau bercerita tentang yang dilakukan hari itu dengan dilakukan pada kamar tempat anak tidur. 

Memberikan anak kamar tidur yang nyaman, tenang, dan gelap. Ruangan yang sejuk membuat anak dapat tidur lebih nyenyak. Kamu juga dapat memberikan lampu tidur supaya anak tidak merasa takut karena kegelapan. Selain itu, hindari juga menggunakan kamar tidur anak sebagai tempat hukuman atau tempat menyendiri supaya anak menganggap kamar tidur merupakan tempat yang baik. 

Memberikan cemilan kepada anak. Keadaan lapar membuat anak menjadi sulit tidur. Oleh karena itu, pastikan anak tidak tidur dalam keadaan lapar. Kamu dapat memberikan anak cemilan ringan seperti susu atau keju rendah lemak sebelum tidur. Namun, untuk makanan berat pastikan kamu memberikannya satu atau dua jam sebelum tidur karena dapat mengganggu tidur.

Menghindari anak dari kafein. Setidaknya 6-8 jam sebelum tidur, pastikan kamu menghindari anak dari kafein yang biasanya ditemukan dalam minuman bersoda, kopi, es teh, dan cokelat.

Jauhkan anak dari aktivitas yang berenergi tinggi seperti bermain di luar atau melakukan aktivitas merangsang seperti permainan kompueter.

Jauhkan televisi dari kamar tidur anak. Adanya televisi pada kamar anak dapat membuat kebiasaan buruk bagi anak yaitu menjadi ketergantungan untuk selalu membutuhkan televisi untuk tertidur.  

Tidur siang. Memberikan anak tidur siang, pastikan kamu menyesuaikan dengan usia dan perkembangan anak. Hindari juga pemberian waktu tidur siang yang terlalu banyak dan sering karena akan membuat anak kesulitan untuk tidur pada malam hari. 

Olahraga. Anak memang memerlukan aktivitas di luar dan berolahraga setiap hari. tetapi pastikan kegiatan tersebut sudah berhenti 4 jam sebelum waktu tidur anak.

 

 

Waktu Tidur Anak

Dilansir dari webmd.com, berikut waktu yang diperlukan anak tidur berdasarkan usia:

  1. Bayi baru lahir 0 hingga 3 bulan membutuhkan waktu tidur 10 ½ -18 jam per hari.
  2. Bayi berusia 4 hingga 11 bulan membutuhkan waktu tidur malam selama 9-12 jam per hari ditambah dengan waktu tidur siang 30-2 jam.
  3. Balita berusia 1 hingga 2 tahun membutuhkan 11-14 jam waktu tidur malam ditambah dengan waktu tidur siang.
  4. Anak-anak berusia 3 hingga 5 tahun membutuhkan 11-13 jam waktu tidur malam dengan tambahan waktu tidur siang yang dipersingkat.
  5. Anak-anak berusia 6 hingga 13 tahun membutuhkan tidur malam selama 9-11 jam.
  6. Remaja berusia 14 tahun ke atas membutuhkan waktu tidur malam selama 8-10 jam. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading