Sukses

Health

5 Manfaat Tidur Menggunakan Masker Mata Menurut Ahli

Fimela.com, Jakarta Tidur nyenyak di malam hari akan memberi manfaat baik bagi tubuh yaitu mendukung fungsi otak dan konsentrasi. Tidur dalam durasi yang cukup yaitu 7-9 jam per hari penting untuk dilakukan semua orang. Untuk memiliki tidur yang nyenyak dan berkualitas, ada beberapa hal yang dapat membantu seperti mengatur suhu ruangan, memilih bahan pakaian yang nyaman dan menggunakan masker mata.

Tak hanya membantu untuk mendapat tidur nyenyak, ahli menjelaskan menggunakan masker mata saat tidur juga memberi manfaat lain. Melansir dari Byrdie, berikut penjelasannya.

1. Melindungi Kulit Selama Tidur

Mengubah posisi tubuh saat tidur membuat kulit bergesekan langsung dengan bantal, seprai, dan selimut. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan kulit hingga iritasi akibat gesekan. Menggunakan masker mata dapat melindungi daerah kulit wajah agar tidak mengalami iritasi akibat gesekan. Pilih masker mata dengan bahan lembut agar terasa nyaman saat digunakan.

2. Mencegah Mata Bengkak

Saat terbangun setelah tidur semalaman biasanya kantung mata akan membengkak. Kondisi ini mungkin akan mengganggu penglihatan dan kenyamanan. Salah satu cara untuk mengatasi mata bengkak saat bangun tidur adalah dengan menggunakan masker mata. Masker mata akan memberi tekanan pada kantung mata sehingga menghalangi cairan berlebih pada kantung mata.

3. Dapat Meningkatkan Memori dan Merangsang Area Otak

Untuk merangsang area otak dan meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori, dibutuhkan tidur berkualitas melalui tidur nyenyak. Hal ini dapat dilakukan dengan menyiapkan tubuh dalam mode istirahat penuh saat hendak tidur. Ruang kamar yang dibuat gelap atau menggunakan masker mata akan sangat membantu seseorang untuk terlelap. Mata yang tertutup total tidak akan terganggu dengan cahaya eksternal sehingga tidur akan lebih nyenyak tanpa terganggu.

4. Membantu Memaksimalkan Skin Barrier

Banyak ahli mengatakan kulit yang sehat juga bergantung pada kualitas tidur. Hal ini dikarenakan kadar kortisol yang mengganggu penyembuhan kulit akan menurun saat seseorang tidur dengan nyenyak. Namun sebaliknya, bila seseorang sulit untuk tidur nyenyak kadar kortisol akan meningkat dan menyebabkan peradangan kulit seperti jerawat. Agar tidur lebih nyenyak, menggunakan masker mata bisa jadi solusi.

5. Menjaga Tidur Nyenyak Saat Berpergian

Saat bepergian atau saat memiliki jadwal padat istirahat tak boleh dikesampingkan. Kebanyakan orang akan mengalami sulit tidur karena harus beradaptasi dengan lingkungan baru saat bepergian. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan masker mata. Mata yang ditutup akan terpaksa terpejam dan lama kelamaan akan terlelap sehingga aktivitas padat tidak akan mengganggu waktu istirahat.

Selain menggunakan masker mata, memastikan alas tidur terasa nyaman dan bersih juga menjadi faktor pendukung tidur nyenyak. Tidur berkualitas dalam waktu cukup akan memberi banyak manfaat baik bagi tubuh.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading