Sukses

Parenting

4 Cara Sederhana Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyapih

Fimela.com, Jakarta Bagi Mom yang sedang menyapih buah hati, tak jarang menemukan payudaranya bengkak dan terasa nyeri. Ini adalah hal yang normal terjadi. Mengingat setelah menyapih, ASI yang seharusnya diminum buah hati harus tertahan dan tersumbat di dalam payudara. Payudara akan terasa bengkak dan nyeri, setelah dua atau tiga hari selepas menyapih. Ini bisa lebih parah setelah beberapa hari ke depan dan Mom tak melakukan apapun untuk mengatasinya. 

Hingga saat ini, tak banyak Mom yang tahu bagaimana mengatasi payudara bengkak serta nyeri selepas menyapih buah hati. Padahal, hal ini sangat penting untuk dipahami. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, payudara bengkak pada momen menyapih juga kerap menimbulkan masalah, misal mastitis. 

Ada beberapa cara yang bisa diperhatikan untuk mengatasi payudara bengkak dan nyeri saat menyapih. Adapun cara tersebut antara lain sebagai berikut:

Kompres Payudara

Cara sederhana pertama yang bisa dilakukan adalah mengompres payudara. Gunakan air hangat untuk mengompres payudara. Selain bisa meringankan nyeri dan mengatasi bengkak, ini juga bisa menimbulkan perasaan nyaman. 

Pijat Lembut Payudara

Pijat payudara secara lembut dan perlahan. Ini dilakukan untuk melancarkan ASI pun aliran darah di dalam payudara. Ini juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan akibat ASI yang tertahan. 

Konsumsi Teh Herbal

Beberapa teh herbal dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri pada tubuh. Ini pun dikatakan ampuh untuk mengurangi nyeri di payudara saat proses menyapih buah hati. Beberapa teh herbal seperti sage, daun mint dan melati, cukup baik dikonsumsi selama menyapih. Meski begitu, tetap hati-hati dalam konsumsi teh herbal ini. Karena sejauh ini, belum ada penelitian lebih lanjut dan akurat mengenai temuan ini. 

Gunakan Obat Pereda Nyeri

Jika rasa nyeri tak tertahankan, konsultasikan hal ini dengan dokter dan minum obat pereda nyeri. Pilih obat pereda nyeri yang terbilang aman seperti paracematol dan ibuprofen. 

Hal di atas merupakan cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri dan bengkak pada payudara karena momen menyapih buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading