Sukses

Health

5 Penyebab Payudara Nyeri Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan perempuan akan mengalami beberapa bentuk nyeri pada payudara di satu waktu atau di satu sisi. Nyeri payudara atau mastalgia sangat umum terjadi oleh banyak perempuan, hal ini memiliki banyak kemungkinan penyebab, termasuk perubahan hormonal maupun infeksi. Dalam beberapa kasus biasanya dapat disebabkan oleh nyeri alih yang berasal dari area di dalam tubuh.

Akan tetapi, biasanya nyeri di payudara akan mempengaruhi sekitar beberapa bulan. Hal ini juga dapat terjadi oleh perempuan yang memiliki usia 15 hingga 40 tahun, meskipun terkadang membuat banyak orang khawatir akan tetapi hal ini bukanlah salah satu gejala dari kanker payudara.

Akan tetapi beberapa orang biasanya akan mengkaitkan hal ini dengan adanya kanker payudara, padahal payudara akan tumbuh jika kita mengetahui adanya benjolan yang terdapat di payudara. Pernahkah kamu mengalami nyeri payudara di bagian kanan? Berikut beberapa penyebab yang perlu kamu tahu:

1. Perubahan Hormonal

Payudara yang lembut atau bengkak biasanya berhubungan dengan perubahan hormonal yang terjadi sebelum menstruasi, jenis nyeri payudara satu ini biasanya akan menyebabkan nyeri tekan di kedua payudara dan meluas di area ketiak.

Ketika nyeri payudara berhubungan dengan siklus menstruasi atau dikenal sebagai nyeri payudara siklik maka dapat menjadi bagian dari serangkaian gejala yang terjadi sebelum menstruasi biasanya juga dikenal sebagai sindrom pramenstruasi. Nyeri payudara juga dapat terjadi karena perubahan Hormonal lainnya seperti masa kehamilan atau pada tahap pertama menopause.

2. Bra

Bra yang kita gunakan ternyata dapat menyebabkan nyeri payudara jika terlalu ketat atau mengandung kawat bawah yang menusuk kulit atau jaringan payudara. Jika kamu mengalami nyeri pada bagian payudara mungkin hal ini dapat terjadi karena adanya masalah pada benda yang terlalu kecil atau membuat kamu tidak nyaman. Untuk itu mulai sekarang sebelum membeli bra pastikan jika kamu memilih bra yang pas dan nyaman.

3. Perubahan Payudara Fibrokistik

Perubahan payudara fibrokistik adalah cara yang tidak berbahaya akan tetapi berpontensi tidak nyaman dan menyebabkan payudara terasa kental atau memiliki Tekstur yang berbeda karena fluktuasi hormonal. Penyakit payudara fibrokistik merupakan jenis kondisi payudara dan kanker yang paling umum, berikut beberapa gejala yang termasuk:

  • Payudara yang terasa lebih kencang atau lebih tebal dari biasanya.
  • Penjualan atau kista.
  • Puting sensitif.
  • Rasa gatal.

4. Mastitis

Mastitis adalah istilah untuk peradangan atau pembengkakan pada payudara, penyebab utamanya yaitu infeksi. Pasti kondisi ini paling sering menyerang mereka yang sedang menyusui akan tetapi mastitis juga dapat terjadi oleh beberapa orang yang belum menyusui. Berikut beberapa gejala mastitis:

  • Pembengkakan, nyeri, dan kehangatannya di bagian payudara.
  • Demam.
  • Sakit kepala.

5. Obat-Obatan

Beberapa obat dapat berkontribusi pada perkembangan nyeri payudara berikut beberapa abad yang mungkin kamu konsumsi dan dapat menyebabkan nyeri Payudara:

  • Digoxin, yang mengobati gagal jantung kongestif.
  • Chlorpromazine (Thotazine) obat untuk gangguan kesehatan mental.
  • Oxymetholone (Anadrol) yang mengobati sejumlah sel darah merah yang rendah.

Cara Mengatasi Nyeri Payudara

Jika kamu mengalami nyeri payudara di bagian kanan ada baiknya untuk mengambil beberapa langkah berikut ini untuk menghilangkan rasa sakit:

  • Menggunakan Bra yang mendukung dan pas.
  • Minum obat nyeri.
  • Membatasi asupan coklat, kopi, teh, dan minuman ringan.
  • Mengoleskan kompres panas atau dingin ke payudara yang terasa nyeri.
  • Berolahraga secara teratur.

Jika kamu ingin mencoba beberapa obat atau mengatasi beberapa masalah tanpa bantuan dokter, angka bakarnya jika kamu bicarakan dengan dokter sebelum mencoba teknik perawatan diri akan memastikan bahwa teknik tersebut tidak berbahaya dan tepat. Meskipun kanker payudara biasanya bukan penyebab nyeri payudara akan tetapi jika kamu berkonsultasi dengan dokter maka dapat mengetahui penyebab dan apa yang kamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading