Sukses

Parenting

5 Cara Mengawasi Anak saat Menggunakan Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Dengan perkembangan teknologi, menggunakan gadget dan memanfaatkan internet adalah hal umum dilakukan tiap orang termasuk anak-anak. Hal ini termasuk pada penggunaan media sosial. Rasanya hari tanpa media sosial bisa menyebabkan kehampaan. Informasi apapun tersebar secara luas dan mudah diakses. Meski memberi manfaat, media sosial juga bisa berdampak buruk bagi anak.

Pengawasan orang tua menjadi hal penting agar anak dapat menyelami media sosial dengan baik dan mengurangi efek buruknya. Bukan hanya tentang kecanduan, namun juga terpaan informasi yang sesuai usia. Simak cara di bawah ini untuk mengawasi anak dalam menggunakan sosial media.

1. Beri Pemahaman Mengenai Media Sosial

Menjelaskan pada anak mengenai penggunaan media sosial sejak kecil penting untuk mengawasi ruang geraknya. Anak akan mempelajari tindakan baik dan buruk yang harus dilakukan atau dihindari. Penelitian menemukan orang tua yang berbicara pada anak mengenai bermain media sosial dengan aman menurunkan risiko perilaku buruk bagi anak. Hal ini penting dilakukan pada anak usia 10-14 tahun.

2. Ajarkan Literasi Digital

Agar anak mendapat manfaat dari penggunaan media sosial, ajarkan mereka cara menggunakannya dengan maksimal. Hal ini termasuk pada memberi peringatan untuk hal yang tidak boleh dilakukan. Jangan hanya melarang anak untuk melakukan ini dan itu, namun jelaskan pada mereka apa dampaknya. Peringatan dengan penjelasan membuat anak mampu bertindak bijak di kemudian hari.

3. Batasi Konten Berbahaya

Konten yang tidak sesuai usia seperti pornografi, kekerasan, rasis, dan sejenisnya berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak. Teknologi yang kian berkembang dapat menampilkan apa yang kita atur sesuai keinginan. Maka dari itu atur media sosial anak agar menampilkan konten sesuai usia.

4. Memberi Batasan Waktu Penggunaan

Asik menyelami media sosial kadang membuat anak lupa waktu, bahkan bisa melewatkan waktu tidur. Jangan biarkan media sosial mengganggu gaya hidup sehat anak. Bila telah menunjukkan waktu istirahat, makan, atau belajar maka batasilah penggunaan media sosial. Ajarkan anak untuk taat pada aturan agar mereka terbiasa untuk tidak kecanduan media sosial.

5. Beri Contoh

Segala aturan yang mom terapkan pada anak mengenai media sosial, jangan hanya diucapkan pada anak. Berilah contoh dengan mom menerapkan hal tersebut juga. Anak adalah peniru terbaik, tindakan orang tua menjadi cerminan perilaku anak. Bila mom membatasi waktu penggunaan media sosial untuk anak, maka berhentilah bermain gadget saat anak juga berhenti memainkannya. Ajak anak untuk melakukan kegiatan lain agar perhatian mereka tidak terpaku pada gadget.

Saat anak memasuki usia remaja, pengawasan orang tua harus lebih ketat. Bukan dengan melarang banyak hal, namun terapkanlah aturan baik tanpa mengesampingkan kenyamanan anak.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading