Sukses

Parenting

5 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan yang Cocok Dikonsumsi saat Program Hamil

Fimela.com, Jakarta Pasangan yang sedang menjalankan program kehamilan mungkin akan bertanya-tanya apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Kesuburan reproduksi pria atau perempuan sangat penting untuk menunjang keberhasilan program kehamilan. Misalnya dengan menerapkan gaya hidup sehat melalui makanan yang dikonsumsi.

Melansir dari Everyday Health beberapa makanan dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Hal ini dijelaskan oleh para ahli bahwa beberapa makanan diyakini mampu meningkatkan kesuburan dan mempercepat kehamilan. Cek selengkapnya di bawah ini, pasangan baru harus tahu!

1. Produk Susu

Yogurt, keju, dan susu bukan hanya baik untuk tulang, namun bermanfaat untuk kesehatan reproduksi. Umumnya kelebihan berat badan menjadi hambatan untuk mempermudah kehamilan, maka yang terbaik adalah mengonsumsi susu rendah lemak. Namun bagi beberapa perempuan yang memiliki masalah ovulasi, susu penuh lemak lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari.

2. Protein Hewani Tanpa Lemak

Daging kalkun, daging ayam tanpa lemak, dan daging sapi tanpa lemak mengandung protein tinggi, zat besi, dan nutrisi lain yang membantu meningkatkan kesuburan. Penelitian menunjukkan perempuan yang meningkatkan asupan zat besi selama masa program kehamilan memiliki tingkat kesuburan yang lebih tinggi daripada yang kekurangan zat besi. Daging hewani tanpa lemak bisa diganti dengan protein nabati seperti kacang dan tahu.

3. Buah Beri

Kelompok buah beri seperti stroberi, rasberi, bluberi, dan blackberry adalah buah yang mendukung kesehatan reproduksi. Kelompok buah beri ini melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penuaan sel termasuk sel dalam sistem reproduksi atau sel telur.

4. Tiram

Tiram yang kaya akan zinc sangat penting selama masa pembuahan. Kekurangan zinc dapat mengganggu siklus menstruasi dan memperlambat produksi sel telur yang pada akhirnya berpengaruh pada kesuburan. Bila tidak menyukai tiram, alternatif lainnya adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur yang mengandung zinc dalam jumlah lebih sedikit.

5. Sayur dan Buah

Sayur dan buah adalah karbohidrat kompleks yang mampu meningkatkan kesuburan. Meski nasi, roti, dan sereal juga mengandung karbohidrat, namun akan memberi efek samping yakni peningkatan kadar insulin yang mengganggu hormon reproduksi.

Program kehamilan dapat berjalan baik bila didukung dengan mengonsumsi makanan sehat. Konsultasikan pada dokter untuk menentukan cara terbaik yang bisa sahabat Fimela dan pasangan terapkan.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading