Sukses

Parenting

Waspada Mom, Ini 5 Makanan Enak yang Berbahaya Buat Otak Anak

Fimela.com, Jakarta Memberikan nutrisi terbaik bagi anak adalah tugas orangtua. Semakin bijak Mom dan ayah dalam memberikan makanan ke anak, ini memungkinkan anak bertumbuh dan berkembang dengan baik. Ada beragam makanan enak yang bisa menutrisi tubuh anak secara maksimal. Ada pula makanan yang enak tapi tak cukup baik dalam menunjang tumbuh kembangnya. Beberapa makanan justru berbahaya buat kesehatan dan otak anak. 

Mengutip dari laman parents.com, beberapa makanan dikenal sangat enak dan umumnya disukai anak-anak. Sayangnya, aneka makanan ini memiliki tingkat bahaya yang lebih besar ke tumbuh kembang anak pun kesehatan otaknya. Lebih bijak dan waspada dalam memberikan aneka makanan ini Mom. Penasaran apa saja makanan tersebut?

Junk Food

Siapa yang bisa menolak kelezatan junk food? Rasanya yang gurih, menjadikan makanan ini sebagai salah satu makanan kesukaan anak-anak. Meski enak, makanan ini tak terlalu baik buat kesehatan dan otak Mom. 

yang diterbitkan dengan judul The Lancet: Child & Adolescent Health, menemukan bahwa junk food berpengaruh besar pada otak anak. Pengaruh ini bukan pengaruh positif melainkan pengaruh negatif yang berbahaya buat anak-anak ke depannya. 

Makanan Manis

Secara umum, anak-anak menyukai makanan dengan cita rasa manis. Anak-anak tak akan menolak saat ia diberi makanan manis. Hanya saja, pastikan Mom lebih bijak dalam memberi makanan manis seperti permen, cokelat, donat dan sejenisnya ke anak. 

Selain bisa meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas, ini bisa merusak sistem saraf otak anak. Konsumsi makanan manis berlebih saat anak-anak, bisa memperlambat daya pikir anak. 

Mie Instan

Tak hanya anak-anak, orang dewasa mengakui kelezatan mie instan. Cita rasanya yang gurih, proses memasaknya yang praktis dan harganya yang murah, membuat mie instan sebagai menu pilihan beberapa orang. Namun untuk anak-anak, sebaiknya membatasi asupan mie instan.

Studi menemukan jika kandungan zat kimia dan penyedap dalam mie instan, besar pengaruhnya pada otak anak. Mie instan dipercaya sebagai salah satu makanan berbahaya yang menyebabkan penurunan fungsi otak anak. 

Minuman Bersoda dan Berkafein

Minuman bersoda dan berkafein menjadi minuman yang disukai anak-anak. Tapi tahukah Mom, kedua minuman ini bisa berbahaya buat kesehatan anak secara keseluruhan. Minuman ini bisa menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi pada tubuh anak. Selain bisa menyebabkan masalah pertumbuhan, kedua minuman ini bisa mengganggu kesehatan otak anak.

Protein Olahan

Bagi Mom yang suka memberikan anak protein olahan baik itu sosis, kornet dan sejenis, usahakan untuk membatasi pemberian ini. Protein olahan bisa merusak kecerdasan otak anak. Ini bahkan bisa meningkatkan risiko obesitas atau kegemukan. 

Nah, itulah sekian makanan enak yang berbahaya buat otak anak. Yuk Mom, lebih bijak dalam memberikan asupan nutrisi sehari-hari pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading