Sukses

Parenting

8 Makanan Berpotensi Berbahaya untuk Bayi Bawah 1 Tahun

Fimela.com, Jakarta Saat bayi berusia 6 bulan, Mom disarankan untuk mengenalkan makanan ke bayi secara bertahap. Bayi yang telah berusia 6 bulan penting untuk diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizinya. Asupan ASI saja tidak cukup untuk memaksimalkan tumbuh kembang bayi.

Saat mengenalkan makanan ke bayi ini, Mom haruslah memperhatikan betul setiap makanan yang hendak diberikan ke bayi. Jangan asal memberi bayi semua jenis makanan dengan dalih bayi menyukainya. Beberapa makanan bisa sangat berbahaya untuk bayi di bawah 1 tahun dan sangat tidak direkomendasikan untuk bayi. 

Mengutip dari laman theasianparents.com, berikut beberapa makanan yang berbahaya untuk bayi. Pastikan untuk tidak pernah memberikan aneka makanan ini ke bayi meski dalam porsi yang sangat kecil sekalipun ya Mom.

Susu Sapi

Susu sapi murni sebaiknya tidak diberikan ke bayi yang masih berusia di bawah 1 tahun. Dalam susu sapi murni dikhawatirkan mengandung zat alergen yang berbahaya buat bayi. Dalam susu sapi murni yang tidak diproses dengan baik dikhawatirkan juga mengandung virus atau bakteri yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan bayi. Jika ingin memberikan susu ke bayi apalagi untuk susu pengganti ASI, berikan bayi susu formula yang sudah diproses dengan baik.

Madu

Madu memang sebagai makanan kaya manfaat buat kesehatan. Tapi madu tidak boleh diberikan sembarangan ke bayi apalagi untuk bayi berusia di bawah 1 tahun. Madu mengandung bakteri yang cukup berbahaya buat kesehatan bayi di bawah 1 tahun.

Sayuran dan Buah Keras serta Mentah

Sayur dan buah dengan tekstur keras atau yang masih mentah juga tidak boleh diberikan ke bayi bawah usia 1 tahun. Jika ingin memberikan sayur serta buah ke bayi, pastikan untuk memasaknya hingga matang dan melumatkannya dengan menyesuaikan usia bayi.

Kacang-kacangan

Makanan berupa kacang-kacangan juga cukup berbahaya bagi bayi di bawah 1 tahun. Kacang–kacangan bisa menyebabkan alergi dan risiko tersedak pada bayi.

Minuman Berkafein

Aneka minuman berkafein baik itu kopi atau teh tidak boleh diberikan ke bayi usia bawah 1 tahun. Kafein bisa menghambat penyerapan nutrisi dari makanan ke tubuh bayi.

Jus Buah dengan Pemanis

Jus buah dengan tambahan pemanis juga tidak disarankan untuk diberikan ke bayi usia bawah 1 tahun. Jus buah dengan tambahan pemanis bisa menyebabkan gigi bayi rusak, meningatkan risiko anemia, obesitas bahkan stunting.

Aneka Seafood

Aneka seafood seperti udang, kerang, lobster atau kepiting juga tidak direkomendasikan untuk bayi usia bawah 1 tahun. Aneka seafood ini dikhawatirkan bisa menyebabkan bayi alergi.

Ikan dengan Kandungan Merkuri Tinggi

Ikan memang baik untuk perkembangan otak bayi. Namun beberapa ikan dengan kandungan merkuri tinggi seperti ikan pedang dan hiu sangatkah tidak direkomendasikan diberikan ke bayi. Ikan dengan kandungan merkuri tinggi justru berbahaya buat kesehatan bayi. 

Itulah beberapa makanan berbahaya yang sebaiknya tidak diberikan ke bayi dengan usia bawah 1 tahun. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita sebagai orangtua semakin bijak dalam memberikan asupan nutrisi serta gizi ke anak.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading