Sukses

Parenting

Tips Mengembangkan Kecerdasan Logis-Matematis Anak

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan logis atau dikenal juga sebagai kecerdasan logis-matematis adalah kemampuan individu untuk bernalar, berpikir kritis, dan memanfaatkan pola-pola logis dan matematis untuk memecahkan masalah. Bentuk kecerdasan ini melibatkan keterampilan yang berkaitan dengan angka, logika, dan kemampuan memproses informasi secara sistematis.

Dilansir dari multiplenatures.com, orang dengan kecerdasan logis-matematis yang tinggi memiliki bakat dalam perhitungan matematis, berpikir logis, dan pengenalan pola. Mereka memiliki kemampuan penalaran bawaan sehingga dapat dengan mudah berpikir dalam pola logis dan numerik, serta membuat hubungan antara berbagai informasi yang diterimanya.

Anak yang memiliki kecerdasan logis umumnya menyenangi kegiatan yang berbau eksplorasi. Hal ini dikarenakan anak merasa penasaran atas sesuatu yang dianggap menantang dan mencari jalan keluarnya. Anak juga senang bertanya tentang apa yang dilihatnya, serta meminta jawaban yang rasional atas pertanyaannya.

Ciri Anak dengan Kecerdasan Logis-Matematis

Anak yang memiliki kecerdasan logis matematis memiliki ciri-ciri kepribadian yaitu anak suka berpikir abstrak dan suka akan keakuratan, menyukai tugas hitung-menghitung, memecahkan soal-soal, dan suka melakukan penelitian dengan cara logis. Mereka biasanya memiliki catatan yang tersusun rapi dan sistematis.

Dilansir dari laman verywellfamily.com, anak-anak dengan kecerdasan logis-matematis biasanya bersifat metodis dan berpikir secara logis atau linier. Seorang anak dengan kemampuan ini umumnya mahir dalam memecahkan soal matematika di kepalanya dan tertarik pada permainan teka-teki dan logika.

Di sekolah, anak-anak dengan kecerdasan logis-matematis biasanya menyukai mata pelajaran seperti matematika, ilmu teknologi dan komputer, menggambar, dan ilmu-ilmu eksakta lainnya. Mereka lebih menyukai urutan yang logis dalam pengajaran dan sering kali memiliki kinerja yang baik dalam lingkungan yang terstruktur dan terorganisir.

Tips Mengembangkan Kecerdasan Logis-Matematis Anak

Dilansir dari learningbp.com, terdapat beberapa material yang bisa digunakan untuk mengembangkan kecerdasan logis-matematis anak:

  • Puzzles atau permainan teka-teki
  • Eksperimen sederhana
  • Perhitungan mental
  • Permainan numerik
  • Permainan lego

Cara mengembangkan

Dilansir dari byjusfutureschool.com, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan logis-matematis anak:

  1. Libatkan anak dalam permainan strategi dan teka-teki logika selama bersantai di rumah dan tetapkan aturan yang jelas di rumah.
  2. Saat berbelanja, ajak anak untuk mencoba menghitung beberapa item barang yang dipilihnya.
  3. Dorong kemampuan logis-matematis anak dengan menggunakan alat seperti grafik dan bagan untuk memahami konsep abstrak.
  4. Minta anak menjelaskan alasan atas keputusan yang mereka buat.
  5. Ajak anak mengunjungi museum sains, planetarium, atau tempat-tempat lainnya yang dapat menambah wawasan anak.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesOktober

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading