Sukses

Parenting

7 Pilihan Camilan Sehat dan Bernutrisi untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar anak-anak tentunya suka dengan camilan. Selain dapat menahan rasa lapar, camilan dapat membuat anak menjadi lebih berenergi. Namun terkadang, camilan dapat mengandung pemanis buatan dan bahan-bahan tambahan lainnya. Itulah mengapa sangat penting untuk menyediakan jenis camilan yang lebih sehat dan nikmat. 

Memberikan camilan sehat dapat menumbuhkan pola makan yang baik sedari kecil. Mom dapat menyesuaikan jenis camilan dengan kebutuhan dan selera anak. Berawal dari coba-coba, anak pun bisa menemukan camilan favoritnya sendiri. Camilan bisa memberikan kesempatan untuk anak supaya bisa memenuhi nutrisinya, terutama pada waktu-waktu senggang.

Butuh sejumlah pilihan camilan yang baik untuk anak? Dirangkum dari berbagai sumber, inilah pilihan camilan yang bisa Mom coba: 

1. Yoghurt

Camilan pertama yang sangat baik dikonsumsi anak yaitu yoghurt. Makanan ini menjadi sumber protein dan kalsum yang dapat mendukung pertumbuhan tulang pada anak. Bakteri di dalam yoghurt juga dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Untuk mencegah konsumsi gula yang berlebihan, pilihlah plain atau greek yoghurt yang penuh lemak.

Sebagai pemanis tambahan, Mom bisa memilih potongan buah-buahan atau madu. Buah-buahan seperti stroberi, bluberi, atau raspberi bisa menjadi alternatif topping yang menyehatkan. Antioksidan aktif yang terdapat di dalam buah-buahan ini bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Ditambah lagi, dengan warna buah-buahan yang cerah dapat menarik perhatian anak untuk langsung mencoba. 

 

 

 

2. Smoothie

Membiasakan anak untuk hobi makan buah sering kali sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, Mom bisa mencoba untuk mengubah buah-buahan menjadi smoothie yang nikmat dikonsumsi. Tampilan pada smoothie dapat menarik perhatian anak, apalagi dengan rasa manis yang dihasilkan dari buah. Mom dapat menggunakan buah-buahan yang masih segar untuk rasa yang lebih nikmat. Siapa tahu minuman ini bisa menjadi minuman favorit untuk anak. 

 

3. Telur Rebus

Ingin camilan simpel yang mudah dibuat, tanpa perlu lama-lama? Mom bisa membuat telur rebus sebagai makanan cepat saji tinggi protein dan vitamin. Telur sangat baik untuk dijadikan camilan bagi anak-anak. Selain itu, telur merupakan sumber makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan perkembangan otak.

Telur rebus dapat meningkatkan rasa kenyang dan memberikan energi untuk anak-anak dalam waktu yang lama. Kudapan ini juga dapat menambah fokus dan konsentrasi pada anak selama menjalani hari. 

 

4. Keripik Sayur

Keripik juga dapat menjadi pilihan untuk makanan mengandung serat dan nutrisi yang dapat disukai anak-anak. Supaya lebih bergizi, sekarang sudah banyak bermunculan inovasi keripik sayur, seperti keripik bayam, keripik kentang, keripik jamur, keripik wortel, dan masih banyak lagi. Dengan alternatif ini, anak bisa mengonsumsi jenis sayur-sayuran dalam bentuk yang lain. Sejumlah keripik dapat dicoba sebagai pilihan camilan lezat supaya anak jadi tertarik dan ketagihan untuk makan sayur. 

5. Roti Bakar Selai Kacang

Jika menginginkan camilan yang mudah dengan proses pembuatan yang singkat, Mom bisa mencoba membuat roti bakar. Bukan hanya menjadi camilan yang sering dikonsumsi oleh orang dewasa, roti bakar bisa dijadikan camilan sehat yang lezat. Apalagi, jika menggunakan roti gandum sebagai bahan dasarnya. 

Topping yang dipilih pada dasarnya dapat disesuaikan pada selera masing-masing. Namun, selai kacang bisa menjadi pilihan yang bagus untuk memberikan anak sumber nutrisi berupa lemak sehat dan sedikit protein. Rasa gurih yang dihasilkan dari selai kacang pun bisa membuat anak merasa tertarik.

 

6. Oatmeal

Sebagai menu sarapan pagi yang praktis dan instan, oatmeal juga dapat dikonsumsi untuk anak-anak. Oat mengandung serat larut yang tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Kandungan gandum utuh dilengkapi dengan protein dan serat membuat makanan ini dapat dijadikan sebagai camilan sehat untuk anak. 

Sebaiknya, buat oatmeal dengan tambahan susu agar bisa menambahkan kandungan kalsium untuk melengkapi zat gizi di dalam tubuh. Di samping itu, potongan buah segar juga bisa menjadi bahan pelengkap yang kaya akan vitamin.  

 

7. Potongan Buah

Buah-buahan juga dapat dijadikan sebagai camilan yang sangat baik dikonsumsi anak-anak. Buat kebiasaan untuk anak mengonsumsi buah seperti pisang, apel, mangga, pir, atau anggur. Sebagian besar buah akan mengandung serat dan nutrisi penting. Sebut saja kalium, vitamin A, vitamin C, dan berbagai zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Saat anak bepergian, Mom bisa membuat bekal berupa buah yang telah dipotong-potong menjadi ukuran sekali gigit. Simpan buah di dalam wadah kecil supaya lebih praktis. Diamkan terlebih dahulu pada lemari pendingin selama beberapa jam supaya rasanya lebih segar

Demikian beberapa pilihan untuk camilan sehat yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Kembali lagi bahwa selera tiap anak akan berbeda-beda. Mom bisa mencoba variasi dari camilan sehat apa pun untuk menentukan camilan apa yang akan menjadi kesukaan anak. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading