Sukses

Parenting

Mom Wajib Tahu, Manfaat Zumba bagi Anak dengan Autisme

Fimela.com, Jakarta Gangguan Spektrum Autisme (GSA) atau disebut juga sebagai Autism Spectrum Disorder (ASD) sering disalahartikan sebagai penyakit. GSA atau ASD pada dasarnya merupakan suatu gangguan perkembangan kognitif yang berkelanjutan yang berarti akan berlangsung seumur hidup.

Pada dasarnya, GSA atau ASD mempengaruhi perkembangan kognitif (berpikir), berbahasa, keterampilan motorik dan sosial. Hal tersebut diatas memperlambat kemampuan mereka. Setelah didiagnosis GSA atau ASD, seseorang tidak dapat sembuh sepenuhnya.

Rr. Finandita Utari M.Psi, seorang psikolog, mengatakan, ketika anak didiagnosis menderita GSA atau ASD, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengajari mereka keterampilan dasar seperti berbicara, berjalan, dan lainnya, karena keterampilan motorik mereka cenderung tumbuh lebih lambat dari anak-anak lain. Serta, mereka kesulitan untuk fokus dan memiliki keseimbangan yang kurang baik.

Ia menambahkan, bahwa anak-anak dengan GSA atau ASD biasanya menghadapi tujuh tantangan umum, yaitu kontak mata yang terbatas, komunikasi verbal dan non-verbal,keterampilan sosial, keterampilan motorik, keterlambatan bicara, perilaku berulang, dankesulitan beradaptasi.

“Ada berbagai cara agar kondisi tersebut menjadi lebih baik, salah satunya adalah dengan berolahraga atau melakukan gerakan yang melatih koordinasi tubuh, mulai dari mata, tangan, kaki, dan sebagainya. Selain untuk kesehatan, kegiatan itu bermanfaat bagi mereka dalam meningkatkan keterampilan motorik, komunikasi, sosial, dan cara berpikir mereka. Suatu rutinitas dapat meningkatkan fokus,, melatih kemandirian dan mengurangi hipersensitivitas mereka,” tambahnya.

Manfaat zumba bagi anak dengan autisme

Olivia Febriani, seorang spesialis pendidikan Zumba® atau yang resmi disebut Zumba®Education Specialist (ZES), menyarankan agar para orang tua mempertimbangkan kelasZumba® untuk anak-anak mereka dengan GSA atau ASD, karena kegiatan tersebut menuntut mereka untuk mengikuti instruksi koreografi, menyelaraskan tubuh dengan musik, dan mengendalikan laju pernapasan.

Anak-anak dengan GSA atau ASD dapat memulai kelas Zumba dengan bergabung diZumba® Gold, karena kelas ini dilengkapi dengan koreografi yang mudah untuk diikuti,berfokus pada keseimbangan, rentang gerak, dan koordinasi.

Meskipun pada awalnya dirancang untuk orang tua, Zumba® Gold terdiri dari gerakan intensitas yang jauh lebih rendah, sesuai untuk anak-anak penderita GSA atau ASD. Tentunya akan ada penyesuaian pada lagu dan gerakan, sehingga tidak dibutuhkan usaha keras.

Untuk meningkatkan keterampilan sosial mereka, Olivia menyampaikan bahwa mereka juga harus mencoba kelas Zumba® Kids karena mereka akan bertemu dengan anak-anak lain dan belajar cara berteman. Bergabung dengan kelas Zumba® Kids dapat pula meningkatkan keterampilan komunikasi mereka.

Terlebih lagi, bermanfaat untuk mengembangkan kepemimpinan, kerjasama regu, dan kepercayaan diri mereka.

“Setiap orang memiliki naluri musik di dalam diri mereka. Menggerakkan tubuh mereka sesuai ritme, merangsang indera dan koordinasi tubuh mereka. Selain itu, mendengarkan musik membuat mereka bahagia”, papar Olivia.

kelas Zumba® Gold dan Zumba® Kids atau nikmati pengalaman Zumba® dan manfaat lebih besar untuk diri sendiri dengan mencari kelas terdekat di www.zumba.com

Simak video berikut

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading