Sukses

Parenting

10 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Ibu Menyusui

Fimela.com, Jakarta Selama masa menyusui, ibu diwajibkan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuhnya dengan baik. Selama menyusui, ibu tak hanya menutrisi tubuhnya tetapi juga menutrisi buah hati yang telah dilahirkannya dan menyusu padanya.

Demi mendapatkan ASI (Air Susu Ibu) yang enak dan lancar, ada beberapa makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu selama menyusui. Beragam makanan ini dipercaya mengandung berbagai nutrisi dan gizi yang meningkatkan tumbuh kembang bayi.

Melansir dari laman parents.com, berikut beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu menyusui.

Ikan hingga Wortel

Ikan Salmon

Makanan pertama yang sebaiknya dikonsumsi adalah ikan salmon. Nutrisi dan gizi pada ikan salmon baik untuk tumbuh kembang dan kecerdasan anak.

Oatmeal

Makanan selanjutnya yang sebaiknya dikonsumsi adala oatmeal. Selain bernutrisi baik, ini juga kaya vitamin dan bikin kenyang dalam waktu lama. Oatmeal juga sangat cocok buat dirimy yang ingin mengaplikasikan program diet selama menyusui.

Telur

Telur juga merupakan makanan yang sebaiknya dikonsumsi selama menyusui. Selain bernutrisi baik untuk ibu dan bayi, telur juga bermanfaat mengeringkan luka di tubuh setelah melahirkan akibat jahitan caesar atau normal.

Susu dan Produk Olahan Susu

Makanan ini kaya nutrisi yang sangat baik buat ibu dan bayi. Nutrisi tersebut bisa memperkuat tulang bayi dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Wortel

Makanan selanjutnya ada wortel. Wortel kaya akan vitamin A dan betakaroten yang diperlukan tubuh. Wortel juga bisa memperlancar produksi ASI.

Sayuran Hijau hingga Kacang-kacangan

Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam, kale, daun ketela, selada air, daun katuk, sawi dan keningkir sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. Sayuran hijau berperan penting dalam melancarkan produksi ASI.

Ubi

Makanan selanjutnya ada ubi. Ubi ungu atau ubi kuning dipercaya bisa mempelancar ASI. Ubi juga mengandung berbagai nutrisi yang baik buat tubuh.

Buah Pepaya

Dari sekian banyak buah yang ada, ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya. Sama dengan wortel, buah ini mengandung banyak vitamin A yang sangat baik buat tubuh.

Buah Pisang

Buah pisang juga menjadi buah yang penting dikonsumsi ibu menyusui. Nutrisi yang terkandung di dalam buah pisang sangat baik untuk kesehatan ibu dan bayi.

Kacang-kacangan

Ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan selama menyusui. Kacang-kacangan mengandung berbagai vitamin, gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Kacang-kacangan juga kaya akan omega 3.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading