Sukses

Parenting

Cara Mengatasi Penyakit Ambeien Saat Hamil Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Ambeien atau wasir merupakan benjolan di dalam anus akibat pembuluh darah vena yang membengkak dan meradang. Biasanya, ambeien disebabkan karena sering mengejan terlalu keras saat BAB. Tekanan yang terlalu banyak pada rektum dan anus, akan membuat pembuluh darah dalam anus mengalami pembengkakan.

Ambeien memang tidak termasuk dalam kategori penyakit mematikan, namun bisa berakibat fatal jika infeksi ambeien meluas sehingga menyebabkan gangguan pada sistem saraf. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara mengatasi ambeien.

Cara Mengatasi Penyakit Ambeien

Sebelum mengetahui cara mengatasi penyakit ambeien, ada baiknya mengetahui gejala-gejala ambeien. Orang yang menderita penyakit ambeien biasanya mengalami panas dan gatal pada anus serta pantat, adanya benjolan di anus, sulit dan sakit ketika buang air besar, keluarnya lendir saat buang air besar, dan kadang terjadi pendarahan ketika buang air besar. Setelah tahu gejala ambeien, berikut cara mengatasi penyakit ambeien.

Mandi air hangat dan garam

Mandi air hangat dapat mengatasi dan menengkan ambeien. Disarankan untuk menambahkan garam pada bak mandi. Menurut penelitian, setelah mandi air hangat dengan garam, gerakan usus menjadi efektif sehingga ambeien pun mereda.

Kompres air dingin

Kompres air dingin atau es dapat mengatasi ambeien. Caranya tempelkan handuk yang telah dibungkus es atau direndam air dingin, kemudian kompres pada bagian anus selama 15 menit sekali.

Minum air putih

Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan sembelit dan memperburuk gejala ambeien. Oleh karena itu, penuhilah cairan tubuh dengan minum air putih 8 gelas sehari.

Cara Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Perubahan hormonal dan perkembangan rahim pada ibu hamil dapat memengaruhi tekanan pembuluh darah balik (vena), termasuk di sekitar panggul dan juga di saluran pencernaan ibu hamil. Hal ini menjadikan ibu hamil rentan terhadap penyakit ambeien. Namun, tak usah cemas, berikut cara mengatasi ambeien saat hamil.

Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama, dapat membuat tekanan yang berlebih pada pembuluh darah di daerah dubur yang dapat memperparah ambeien. Sebaiknya rajinlah ganti posisi tubuh seperti berbaring, berdiri, dan berjalan.

Gunakan bantal sebagai alas duduk

Daripada duduk di alas yang rata, alangkah lebih baiknya duduk di bantal yang memiliki lubang ditengahnya. Permukaan alas duduk yang empuk bisa mengurangi tekanan yang dapat memicu ambeien.

Senam kegel

Selain membantu mempermudah proses persalinan, senam kegel juga dapat melancarkan aliran darah di sekitar dubur sehingga dapat mengatasi ambeien.

Pakai celana longgar

Celana yang ketat dapat menghambat aliran darah sehingga ambeien pun menjadi tambah parah. Oleh karena itu, pakaian celana longgar yang dibuat dari bahan katun, agar area dubur dan sekitarnya dapat bernafas. Dengan celana longgar pun, aliran darah lancar.

Cara Mengatasi Ambeien Secara Alami

Saat mengalami ambeien, janganlah tergesa-gesa untuk menghilangkannya melalui cara operasi. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar rumahmu sebagai cara mengatasi ambeien secara alami.

Cara mengatasi ambeien dengan kulit manggis

Kandungan xanthone dalam kulit manggis memiliki antioksidan yang tinggi yang berguna mengatasi peradangan pada ambeien.

Cara mengatasi ambeien dengan kulit manggis, cukup mudah:

  1. keringkan kulit manggis
  2. rebus kulit manggis sampai mendidih
  3. minum rebusan air kulit manggis secara rutin.

Cara mengatasi ambeien dengan lidah buaya

Zat anti inflamasi pada lidah buaya dapat meredakan ambeien. Selain itu sensasi sejuk pada lidah buaya dapat melemaskan pembuluh darah di daerah sekitar dubur. Cara menggunakan lidah buaya sebagai cara mengatasi ambeien cukup mudah, yaitu haluskan lidah buaya sampai jadi jus lalu minum secara rutin.

Cara mengatasi ambeien dengan daun sirsak

Daun sirsak ternyata menganduk anti bakteri yang berfungsi mengobati ambeien. Cara menggunakannya yaitu dengan merendam 5 lembar daun sirsak dalam 5 gelas air. Konsumsilah secara rutin agar ambeien mereda

Cara mengatasi ambeien dengan bawang putih

Bawang putih tidak hanya bisa menjadi bahan masakan, namun juga bisa mengatasi ambeien secara alami. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan allicin, sebagai antioksidan dan anti bakteri yang dapat mengatasi ambeien.

Cara Mengatasi Ambeien yang Gatal

Ambeien biasanya disertai oleh rasa gatal di sekitar lubang anus. Tentunya hal ini membuatmu merasa tidak nyaman. Berikut adalah cara-cara yang dapat kamu lakukan di rumah untuk meringankan rasa gatal dari ambeien.

Bersihkan area anus

Bersihkan area sekitaran anus dengan lembut setelah buang air ataupun setelah mandi. Gunakan air bersih serta sabun yang lembut, setelah itu, keringkan dengan handuk yang bersih dan memiliki serat lembut.

Hindari menggaruk anus

Menggaruk anus justru akan membuat anus bertambah gatal serta menimbulkan iritasi. Jika terasa gatal kamu dapat mengompres dengan air panas, atau cukup mengusap ngusap dengan lembut sampai rasa gatal hilang.

Jauhi makanan atau minuman tertentu

Konsumsi makanan atau minuman tertentu seperti makanan yang pedas dan asam bisa saja yang menjadi pemicu gatal pada anus semakin parah. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari makanan-makanan tersebut sampai rasa gatal mereda.

Hindari bahan kimia

Kamu bisa mencoba menghentikan pemakaian produk sabun, deodorant, tisu basah, dan tisu toilet yang mengandung parfum. Kandungan parfum pada produk-produk tersebut dapat menyebabkan area dubur bereaksi sehingga menimbulkan gatal.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading