Sukses

Parenting

19 Cara Ampuh Mengobati Sakit Pinggang Belakang saat Hamil dengan Olahraga secara Alami

Fimela.com, Jakarta Sakit pinggang seringkali disebabkan oleh cedera otot atau sendi di area pinggang. Bisa juga terjadi karena posisi tubuh yang salah, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang.

Sakit pinggang alangkah baiknya segera diobati agar tidak semakin memburuk. Berikut adalah cara mengobati sakit pinggang belakang secara alami.

Cara Mengobati Sakit Pinggang secara Alami

Untuk mengobati sakit pinggang secara alami, kamu memerlukan nutrisi yang tepat. Berikut adalah rekomendasi cara mengobati sakit pinggang secara alami.

Kunyit

Kunyi mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti-peradangan yang baik untuk mengurangi nyeri sendi, sehingga bisa kamu gunakan sebagai cara mengobati sakit pinggang secara alami.

Capsaicin

Capsaicin merupakan senyawa yang terkandung dalam cabai atau bumbu dapur yang memiliki rasa pedas. Capsaicin dimanfaatkan sebagai zat aktif yang digunakan untuk membantu mengobati rasa nyeri sehingga bisa kamu jadikan salah satu cara mengobati sakit pinggang secara alami.

Jahe

Jahe mengandung phytochemical yang dapat membantu menghentikan peradangan akibat nyeri sendi dan otot. Sehingga jahe bisa kamu pilih menjadi cara mengobati sakit pinggang secara alami.

Makanan tinggi protein

Mengonsumsi makanan tinggi protein bisa menjadi cara mengobati sakit pinggang secara alami, karena membantu proses pemulihan otot dan tulang. Kandungan protein tinggi bisa kamu temukan pada daging, telur, dan kacang-kacangan.

Buah dan Sayur

Salah satu cara mengobati sakit pinggang secara alami yakni dengan mengonsumsi buah dan sayur, yang mampu melawan peradangan pada otot punggung bagian bawah dan pinggang.

Makanan tinggi kalium

Kalium yang terkandung pada pisang, tomat, kentang dan yogurt bisa menjadi pilihan makanan yang kamu konsumsi sebagai cara mengobati sakit pinggang secara alami.

Cara Mengobati Sakit Pinggang dengan Olahraga

Cara mengobati sakit pinggang dengan olahraga yakni dengan melakukan peregangan. Berikut adalah beberapa gerakan peregangan yang bisa kamu lakukan.

Cat/Cow stretch

Cara mengobati sakit pinggang dengan olahraga yakni dengan melakukan gerakan cat/cow stretch. Berikut langkah yang bisa kamu coba.

  1. Taruh tangan dan lutut di lantai, seperti hendak merangkak
  2. Regangkan punggung ke atas dengan memundurkannya, sehingga tulang punggung melengkung
  3. Tahan selama lima detik
  4. Turunkan punggung dan lengkungkan ke bawah hingga membentuk cekungan
  5. Tahan selama lima detik
  6. Ulangi gerakan ini selama 30 detik.

Pelvic tilts

Gerakan pelvic tilts bisa kamu jadikan cara mengobati sakit pinggang dengan olahraga. Yuk, simak caranya.

  1. Berbaringlah dengan posisi telentang
  2. Tempatkan bantal kecil di bawah kepala
  3. Tekuk lutut dan bukalah kaki selebar pinggul
  4. Angkat punggung hingga sejajar dengan perut dan ulangi ke posisi awal
  5. Ulangi 10-15 kali dengan menaik-turunkan panggul secara perlahan.

Lower back twist

Salah satu cara mengobati sakit pinggang dengan olahraga yaitu dengan melakukan gerakan lower back twist. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk ke samping dan kaki menapak di lantai
  2. Rentangkan lengan ke samping arah yang berlawanan
  3. Usahakan bahu tetap menempel di lantai saat lutut ditekuk
  4. Tahan selama 20-30 detik sebelum kembali ke posisi awal
  5. Ulangi gerakan dengan sisi lainnya.

Cara Mengobati Sakit Pinggang Belakang

Sakit pinggang belakang dialami hampir oleh semua orang. Berikut rekomendasi cara mengobati sakit pinggang belakang.

Mengubah gaya hidup

Mengubah gaya hidup bisa kamu jadikan cara mengobati sakit pinggang belakang. Yuk, simak tipsnya.

  1. Minum obat teratur, sesuai dengan resep dokter
  2. Jika kamu kelebihan berat badan, sebaiknya mulai menurunkannya
  3. Lakukan latihan peregangan untuk memperkuat pinggang setiap hari
  4. Menjaga postur tubuh yang tepat saat duduk, berjalan atau mengangkat beban.

Cara Mengobati Sakit Pinggang saat Hamil

Ketika sedang hamil, ukuran janin yang bertambah besar akan menambah beban yang ditanggung oleh punggung dan pinggang. Berikut adalah cara mengobati sakit pinggang saat hamil.

Berolahraga secara teratur

Cara mengobati sakit pinggang saat hamil yakni dengan berolahraga secara teratur. Olahraga akan meningkatkan kelenturan tubuh dan memperkuat otot, terutama membantu melatih otot pinggang, perut bawah, dan kaki.

Tidur dengan posisi yang tepat

Salah satu cara mengobati sakit pinggang saat hamil yakni dengan mengatur posisi tidur dengan tepat. Saat hamil, posisi tidur yang disarankan yakni miring ke samping dan bukan telentang. Tekuk salah satu lutut dan tempatkan bantal di bawahnya. Letakkan juga bantal di bawah perut dan di belakang punggung.

Hindari kebiasaan duduk atau berdiri terlalu lama

Saat hamil, sebagian besar waktu digunakan untuk duduk atau berdiri. Dan jika dilakukan dalam jangka waktu lama, akan menimbulkan rasa nyeri. Hindari duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama sebagai salah satu cara mengobati sakit pinggang saat hamil.

Lakukan pijat kehamilan

Melakukan pijat kehamilan bisa menjadi cara mengobati sakit pinggang saat hamil. Kamu bisa menggunakan jasa terapis, atau bisa juga mengikuti terapi akupunktur.

Jaga berat badan tetap ideal

Kenaikan berat badan saat hamil beresiko menyebabkan sakit pinggang. Untuk itu, salah satu cara mengobati sakit pinggang saat hamil yakni dengan menjaga berat badan tetap ideal.

Cara Ampuh Mengobati Sakit Pinggang

Sakit pinggang terjadi karena otot atau ligamen terkilir akibat meregang berlebihan. Berikut adalah tips cara mengobati sakit pinggang dengan ampuh.

Berendam air hangat

Berendam air hangat sangat ampuh untuk digunakan sebagai cara mengobati sakit pinggang. Dengan berendam air hangat, saraf dan otot yang menegang akan menjadi rileks dan sirkulasi darah menjadi lancar.

Kompres dingin atau panas

Cara ampuh mengobati sakit pinggang yakni dengan mengompres menggunakan air dingin atau panas. Kompres dingin bisa kamu gunakan untuk mengurangi peradangan.

Aktif bergerak

Aktif bergerak adalah cara mengobati sakit pinggang yang cukup ampuh. Tidak perlu gerakan ekstrim, cukup dengan berjalan kaki santai untuk mengurangi sakit pinggang yang kamu rasakan.

Pakai sepatu hak rendah

Memakai sepatu hak rendah merupakan alternatif cara mengobati sakit pinggang dengan ampuh. Jangan menggunakan sepatu hak tinggi, karena justru akan menambah tekanan pada pinggangmu.

 

Nah, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati sakit pinggang. Selamat mencoba.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading