Sukses

Parenting

5 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan Ibu Hamil, Ampuh Atasi Mual

Lemon memiliki banyak kandungan zat gizi yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mineral, polifenol, terpene, aneka vitamin, dan lain sebagainya. Sehingga mengonsumsinya secara rutin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, termasuk pada ibu hamil.

Perempuan yang sedang hamil tetap diperbolehkan mengonsumsi lemon, asalkan tidak berlebihan. Apabila kamu mengonsumsi lemon berlebihan bisa menyebabkan proses detoksifikasi yang terlalu cepat dan akan berdampak kurang baik bagi ibu hamil.

Namun, agar mengonsumsi lemon saat hamil tetap aman, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter. Hal ini berguna untuk memastikan apakah kondisi tubuh memmungkinkan menerima dan minum olahan lemon. Terlebih bagi kamu yang memiliki keluhan pada sistem pencernaan dan mempunyai keluhan setelah mengonsumsi lemon. Ketika kamu memiliki kondisi tersebut, kamu perlu menghentikan konsumsinya.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat buah lemon untuk kesehatan ibu hamil. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Meredakan Rasa Mual

Manfaat lemon bagi ibu hamil pertama adalah dapat membantu mengatasi mual. Menurut American Pregnancy Association, lemon dapat digunakan untuk mengatasi mual di trimester pertama.

Mengonsumsi segelas air lemon hangat dapat meredakan mual. Walaupun begitu, penting untuk memastikan kondisi lambung kamu tidak sedang dalam masalah. Walaupun lemon tidak mengandung asam yang berlebih, namun kamu tetap perlu memastikan kondisi lambung agar tidak terjadi komplikasi.

Efektif Atasi Sembelit

Manfaat lemon bagi ibu hamil berikutnya adalah mencegah sembelit. Minum air lemon dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Apabila pencernaan sudah terjaga dengan baik, maka Anda dapat mencegah terjadinya sembelit.

Air lemon dapat menstimulasi organ hati dan meningkatkan gerakan peristaltis sehingga membantu tubuh mengeluarkan kotoran dengan lebih optimal.

Mengobati Kaki yang Bengkak

Manfaat lemon bagi ibu hamil lainnya dapat membantu mengatasi kaki bengkak. Kondisi ini memang sering kali terjadi pada ibu hamil. Kaki bengkak atau edema sangat tidak nyaman dan tidak sehat.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah kaki bengkak saat hamil Anda bisa mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan 1 sendok makan air perasan lemon. Selain itu, lemon juga dapat membantu meredakan sakit dan nyeri.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tingginya kandungan vitamin C pada lemon berguna untuk meningkatkan mekanisme tubuh melawan bakteri dan virus. Hal ini akan menjaga kekebalan tubuh bisa lebih baik. Kamu pun tidak akan mudah sakit atau terserang penyakit seperti flu dan pilek.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading